Saran Kadin Mozambiq untuk Geliatkan Pariwisata RI

Candi Borobudur.
Sumber :
  • REUTERS/Andreas Fitri Atmoko/Antara Foto

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo menyatakan komitmennya menggeliatkan sektor pariwisata Tanah Air. Bahkan, ada setidaknya 10 wilayah baru prioritas yang akan digenjot untuk menjadi destinasi wisata baru ke depan, seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Indonesia.

Pembangunan Jalan Kelok 18 di Jalur Lingkar Selatan akan Berdampak ke Pariwisata Gunungkidul

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kain) Mozambiq, Agostinho Vuma dalam pagelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Association (IORA) mengapresiasi langkah pemerintah Indonesia, yang berkomitmen untuk menggenjot pariwisata. Namun, ada syarat yang harus dipahami dalam upaya tersebut.

“Persyaratan pengembangan sektor pariwisata, adalah dari prasarana dulu,” jelas Vuma, Jakarta, Senin 6 Maret 2017.

Tingkatkan Kualitas SDM Tenaga Kerja Indonesia, Kemnaker Gelar Business Meeting Sektor Pariwisata

Vuma menjabarkan, pemerintah Mozambiq memiliki komitmen yang serupa dengan pemerintah Indonesia, yakni menggenjot sektor pariwisata. Terbukti dengan garis pantai negara tersebut yang hanya 27 ribu kilometer, pariwisata mampu berkontribusi sebesar dua persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

“Karena, memang ini sangat bergantung pada prasarana, ditambah dengan interkoneksi program untuk memastikan keselamatan para wisatawan. Apabila ini terjadi, bisa menjadi sesuatu yang menarik,” ujarnya.

Siap Mendunia, Bohemia Fashion Week Pertemukan Desainer Lokal Bali dengan Rusia dan Armenia

Selain prasarana yang memandai, Vuma mengatakan, kualitas sumber daya alam juga dibutuhkan untuk merealisasikan rencana tersebut. Jika sinergi tersebut bisa dioptimalkan, bukan tidak mungkin harapan pemerintah Indonesia dari sektor pariwisata bisa tercapai.

“Semua komponen harus bersatu, terutama dari kementerian/lembaga terkait. Jika ini dilakukan, tidak ada kata mustahil,” katanya. (asp)

Menteri Pariwisata, Sandiaga Salahudin Uno

Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan! Temukan Peluang Baru di Webinar Outlook Kepariwisataan NTT

Pariwisata jadi industri yang memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi secara cepat dengan berbagai aspek yaitu kesempatan kerja dan peningkatan taraf hidup

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024