Pengusaha Negara Anggota IORA Sepakati Perjanjian Ekonomi

Sidang Tingkat Menteri IORA 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Business Summit Indian Ocean Rim Association 2017 yang dihelat di Jakarta Convention Center telah resmi berakhir, Senin, 6 Maret 2017. Hasil pembahasan dalam pagelaran ini akan dibawa ke Konferensi Tingkat Tinggi IORA besok, Selasa, 7 Maret 2017.

Beberapa Negara Tertarik Pesan Kapal Buatan PT PAL

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani, dalam konferensi pers mengatakan, para asosiasi gabungan pengusaha yang tergabung dalam IORA telah menyepakati 11 pokok pikiran yang akan dituangkan dalam action plan.

Action plan sendiri merupakan dokumen yang memuat aksi untuk implementasi Jakarta Concord yang berisi visi dan norma kerja sama IORA ke depan dalam menghadapi tantangan kawasan. Di samping itu, action plan juga akan memperkuat implementasi komitmen area prioritas dan lintas sektoral.

Industri Makanan dan Minuman Berpeluang Rebut Pasar IORA

“Kami sudah merumuskan, dan akan dituangkan dalam action plan. ini tidak akan berhenti di sini, dan akan ada monitoring,” ujar Rosan.

Rosan menjabarkan, rumusan yang dicanangkan para asosiasi pengusaha dari 21 negara anggota IORA, adalah aturan yang selama ini menghambat sektor perdagangan dan investasi dari seluruh negara anggota. Negara anggota juga menyepakati untuk melakukan promosi bersama.

RI Punya Banyak Produk Menarik untuk Pasar IORA

Selain itu, akan ada pelatihan vokasi untuk setiap keterampilan di setiap perusahaan para negara anggota IORA. Kemudian, pembelajaran kepada para pengusaha muda untuk terjun dalam dunia wirausaha. Poin-poin itu, akan tercantum dalam action plan IORA.

“Ini untuk small medium enterprise, karena 90 persen ekonomi IORA di isi oleh small medium enterprise,” ujarnya.

Rosan optimistis, kesepakatan yang akan diteken itu bisa menguntungkan bagi seluruh negara anggota IORA. Sejumlah poin yang dirumuskan para asosiasi pengusaha negara anggota IORA, merupakan kesepakatan bersama, dan diinginkan oleh masing-masing kepala negara.

“Kami percaya bahwa negara-negara anggota IORA akan semakin membawa kepentingan untuk kita semua, termasuk perluasan perdagangan yang belum maksimal,” kata Rosan. (ase)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya