Fokus Kerja Sama Perpajakan RI dan Inggris

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi.
Sumber :
  • Chandra GA/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi memimpin delegasi Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Indonesia dalam kunjungan ke Her Majesty's Revenue and Customs di kantor pusat HMRC, London, Inggris. Ken bersama para pejabat Ditjen Pajak telah berada di Inggris, sejak beberapa hari yang lalu.

Jadi Tersangka, Dua Penyuap Angin Prayitno Aji Ditahan KPK

Melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Rabu 8 Maret 2017, kunjungan ini bertujuan untuk membangun hubungan bilateral di sektor perpajakan antara kedua pihak. Salah satu fokus pembahasan utama, adalah mengenai masalah pemajakan atas transaksi over the top (OTT).

Pertemuan ini juga menjadi ajang tukar pengalaman dan informasi terkait dengan persiapan pelaksanaan rekomendasi anti Base Erosion and Profit Shifting (BEPS Deliverables) dan Pertukaran Informasi Keuangan Otomatis (Automatic Exchange of Information - AEoI) pada 2018.

Kasus Pencucian Uang, KPK Sita Aset Puluhan Miliar Eks Pejabat Pajak

Dirjen pajak maupun Komisioner HMRC, Edward Troup menyadari, diperlukan komitmen dan pendekatan bersama untuk menyelesaikan masalah perpajakan global. Apalagi, praktik agresif perencanaan pajak yang dilakukan perusahaan berskala lintas negara telah menggerus basis perpajakan di masing-masing negara.

HMRC pun membagi pengalamannya dalam menerapkan Diverted Profit Tax, dalam penanganan atas penghindaran pajak melalui OTT yang saat ini menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Dalam eksekusi kebijakan tersebut, HMRC pun mendapatkan dukungan kuat dari lapisan pemangku kepentingan.

Eks Pejabat Pajak Angin Prayitno Aji Divonis 9 Tahun Penjara

Di samping itu, kedua negara turut membahas kesiapan dalam mengadopsi rekomendasi BEPS dalam ketentuan domestik di masing-masing negara. Sementara itu, terkait dengan AEoI, HMRC menjelaskan berbagai persiapan yang sudah dilakukan untuk menghadapi era keterbukaan informasi.

Edward Troup selaku ketua Forum Otoritas Pajak Dunia pun akan mempertimbangkan untuk memberikan bantuan teknis ke depan yang dibutuhkan otoritas pajak Indonesia. Upaya ini diberikan, karena Troup merasa terkesan dengan modernisasi administrasi dan kebijakan perpajakan di Indonesia. (art)

Presiden Jokowi lapor SPT pajak secara online.

Jokowi Ajak Masyarakat Lapor SPT Pajak Tahunan Lewat e-Filing

Pelaporan SPT Tahunan PPh melalui aplikasi daring e-filling berikan kemudahan bagi para wajib pajak karena dapat dilakukan tanpa datang ke kantor pajak.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022