Kurang dari Setahun Sudah Bisa Beli Mobil, Ikuti Cara ini

Ilustrasi pameran mobil baru.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Setelah berkeluarga, biasanya kebutuhan akan adanya mobil semakin meningkat. Sebab, keberadaan mobil penting untuk mengangkut anggota keluarga yang kini jumlahnya semakin besar. Sayangnya, harga mobil yang mahal membuat tidak semua orang sanggup membelinya. 

Di Pameran Ini Kredit Mobil Honda Uang Mukanya Mengejutkan

Tapi, saat ini kekhawatiran tersebut bisa diatasi. Cukup lakukan  langkah berikut ini, pembelian mobil jadi terasa mudah, bahkan untuk Anda yang berpendapatan tidak terlalu besar. Berikut ulasannya seperti dikutip dari CekAja.com.

1.Target mobil harus realistis

Dapat Diskon PPnBM, Cicilan Paling Murah Avanza Baru Mengejutkan

Tidak perlu mobil mewah dengan harga mahal bila dana yang Anda punya belum mencukupi. Cobalah sesuaikan pilihan Anda dengan kondisi saat ini. Misalnya, dibandingkan membeli mobil BMW, Anda lebih baik pilih mobil Low Cost Green Car (LCGC). Mobil ini cocok untuk Anda yang berkocek pas-pasan karena rata-rata harganya berkisar antara Rp80 juta-Rp130 jutaan.

2.Kredit kendaraan bisa membantu

Gak Nyangka Segini Cicilan Toyota Voxy Baru Jika Dibeli Kredit

Kredit mobil adalah fasilitas yang sangat membantu. Sebab, tanpa harus ada uang tunai senilai harga mobil,  sudah bisa membawa pulang mobil pilihan. Syaratnya cukup sediakan DP minimal 20 persen dari harga kendaraan dan syarat administrasi lainnya. Jangan takut dengan kredit kendaraan karena bila digunakan sesuai dengan perencanaan, Anda tidak akan terjerat dalam bunga utang.

Agar penghasilan masih cukup untuk belanja kebutuhan hidup, sebaiknya manfaatkan fasilitas kredit jangka panjang. Sebab, semakin panjang jangka waktu cicilan, semakin ringan pula nilai cicilan yang harus Anda bayar setiap bulannya. Tenor kredit jangka panjang bisa mencapai tujuh tahun hingga delapan tahun.

3.Jangan malu beli mobil bekas

Bila dana yang dimiliki lebih terbatas lagi, mobil bekas sepertinya cocok untuk Anda. Jangan malu membeli mobil bekas karena saat ini Anda lebih mengutamakan aspek fungsi daripada aspek-aspek lainnya. Menariknya, saat ini lembaga keuangan dan perbankan memiliki fasilitas pembiayaan untuk mobil bekas.

Namun, sebelum membeli mobil bekas lakukan pengecekan kondisi mobil dan surat-surat kendaraan. Bila perlu gunakan jasa montir bengkel untuk memastikan kendaraan yang Anda beli cukup berkualitas.

4.Minimal menabung Rp2 juta per bulan

Bila harga mobil yang akan dibeli senilai Rp60 juta dan pendapatan per bulan Rp6 juta, sementara tenor yang dipilih empat tahun, maka harus menabung Rp2 juta dalam enam bulan untuk membayar uang muka sehingga terkumpul Rp12 juta. 

Dana sisa senilai Rp48 juta bisa diperoleh melalui kredit kendaraan. Bila bunga yang diperoleh 6,65 persen, cicilan yang harus dibayarkan mencapai Rp1.266.000 per bulan. Jika ingin cicilan lebih ringan lagi, tambah lagi besaran uang muka. 

5.Cari pekerjaan sampingan

Agar keuangan lebih stabil, cari pemasukan tambahan. Usahakan bisa memperoleh setidaknya Rp500 ribu per bulan. Pekerjaan yang bisa dilakukan misalnya berjualan makanan ringan, pernak pernik atau menjadi driver taksi online menggunakan mobil yang dibeli. Dengan pemasukan tambahan tersebut, Anda tidak perlu khawatir tidak memiliki uang cukup untuk membiayai kebutuhan hidup. (ren)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya