TUTUP
TUTUP
BISNIS

Ingin Sukses Berbisnis, Ini Caranya

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai bisnis.
Ingin Sukses Berbisnis, Ini Caranya
Ilustrasi pria berbisnis. (Pixabay)

VIVA.co.id – Menjalankan sebuah bisnis dan menjadi seorang yang berprofesi sebagai wirausaha ternyata tidak selalu mudah. Anda harus siap dengan tantangan dan hambatan yang akan selalu menyertai ketika menjalankan bisnis tertentu. 

Tidak sedikit kegagalan yang harus diterima, namun perlu dijadikan sebagai pembelajaran agar bisnis lebih baik.

Jika ingin memulai untuk menjalankan sebuah bisnis, sebaiknya Anda banyak belajar dari berbagai sumber. Termasuk dari beberapa orang yang sebelumnya telah berhasil sukses dalam menjalankan bisnis mereka. 

Jadikan mereka sebagai mentor dalam menjalankan bisnis tertentu. Mereka tentu tidak akan pelit untuk memberikan banyak tips sukses seputar bisnis kepada Anda. 
      
Lalu, tips apa saja yang umumnya mereka berikan kepada para calon pebisnis baru, berikut ulasan dari Cermati.com.

1. Harus memiliki hal yang unik dalam bisnis Anda

Seorang pelaku bisnis dari Way.com bernama Binu Girija mengatakan bahwa sangat penting jika bisnis yang kita jalankan memiliki hal yang unik dan tidak banyak orang gunakan. Hal unik tersebut, akan membuat citra bisnis yang kita jalankan menjadi lebih menonjol dengan keunikannya. 

Pastikan hal unik ini adalah yang mudah diingat oleh pelanggan dan selalu membuat penasaran orang. Hal unik ini bisa berasal dari brand yang dibuat, pelayanan atau juga pada segi harga dan kualitas.

2. Maksimalkan kesan pertama

Selanjutnya, pada tips yang kedua, sebaiknya maksimalkan kesan pertama untuk konsumen, dengan selalu memberikan pelayanan yang optimal. Berikan kesan pertama yang begitu istimewa untuk konsumen Anda, dan serahkan pada mereka. Jika mereka terkesan, mereka akan menyampaikannya pada orang lainnya.

3. Tetap fokus pada tujuan

Dumi Oburota yang merupakan pemilik dari label rekaman Disturbing London, dalam sebuah wawancara dengan CNN Channel mengatakan, ia lebih menekankan pada tiga tahapan yang harus dilakukan agar tetap fokus pada tujuan. 

Yang pertama, Anda wajib memahami seluk beluk bisnis yang dijalankan secara detail, lalu ketahui apa tujuan bisnis yang dijalankan dan yang ketiga adalah jalankan bisnis sesuai dengan seluk beluk aslinya. Sebagai contoh diibaratkan DNA atau seluk beluk dari Ikan, maka tujuannya adalah agar bisa berenang di lautan.

4. Jangan gagap teknologi

Tips berikutnya dipaparkan oleh seorang Chief Executive dari Ann Summers, bernama Jacqueline Gold, juga dalam wawancaranya bersama BBC. Dia mengingatkan bahwa di zaman serba canggih seperti sekarang ini, kita perlu memahami teknologi. 

Setelah kita memahaminya, pelajari teknologi tersebut dan manfaatkan untuk bisnis. Pemanfaatan teknologi dalam bisnis tentunya akan membuat pelayanan ini semakin cepat dan mudah. Keuntungan yang lebih maksimal bisa Anda dapatkan.

5. Mulai menyusun rencana

Setelah menjalankan keempat tips di atas, mulailah rencanakan secara matang untuk menjalankan sebuah bisnis. Jangan menganggap bahwa bisnis Anda nantinya akan selalu berjalan mulus, jika tidak ada masalah belum tentu bisnis ini berhasil dengan maksimal. 

Pikirkan tentang keberlangsungan hidup bisnis Anda

Menjalankan bisnis tidak semata-mata hanya mengejar keuntungan. Pikirkan juga mengenai keberlangsungan bisnis Anda, yang sewaktu-waktu bisa saja terhambat karena berbagai faktor. 

Lakukan hal yang benar untuk selalu menaikkan omzet bisnis Anda, misalnya dengan investasi atau menabung. 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP