Jika Tanggul Pantai Sukses, Giant Sea Wall Tak Perlu

Kondisi banjir di Pantai Mutiara, Jakarta Utara
Sumber :
  • VIVA.co.id / Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas saat ini tengah gencar pada pembangunan infrastruktur, salah satunya pembangunan tanggul pantai utara Jakarta.

Buka Musrenbangnas 2024, Jokowi Ingatkan Pemerintah Daerah Harus Seirama dengan Pusat

Menteri PPN atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, tanggul pantai utara Jakarta berbeda dengan tanggul laut raksasa alias giant sea wall. Menurut dia, pembangunan tanggul pantai utara Jakarta akan dimulai tahun ini sepanjang 20 kilometer (km). Pemerintah berharap proyek tersebut akan selesai secepatnya.

Bambang menjelaskan, jika tanggul pantai tersebut sudah bisa mencegah Jakarta dari ancaman tenggelam, maka proyek giant sea wall tidak perlu dilanjutkan. Meskipun hal itu masih belum memberikan jaminan.

Bikin Kaget, Jokowi Tiba-tiba Hampiri Wartawan dari Belakang

"Kalau misalnya tanggul pantai ini berhasil bisa mencegah Jakarta dari tenggelam, ya kita buat apa bikin tanggul laut. Cuma pertanyaannya bisa enggak tanggul pantai yang kita bangun itu menjaga selamanya," kata Bambang saat di Kuta, Bali, Jumat, 10 Maret 2017.

Namun, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hingga saat ini tetap membuat studi kelayakan untuk proyek giant sea wall. Hal itu sebagai tindak antisipasi jika tanggul pantai belum cukup mencegah kemungkinan tenggelamnya Jakarta.

Bappenas Bantah Rumor Peleburan KPK dengan Ombudsman

Sebagai informasi, Kementerian PUPR sebenarnya sudah membangun proyek tersebut sejak 2014 lalu. Tanggul yang sudah terbangun sepanjang 4,5 km di Muara Kamal, Pluit dan Kalibaru.

"Jadi tetap bikin feasibility study-nya dulu. Ketika suatu saat diputuskan tanggul laut dibuat, kita sudah tahu panjangnya berapa, lokasinya di mana, bentuknya seperti apa. Kita kerja bikin tanggul laut itukan bukan gagah-gagahan. Itu untuk menjaga Jakarta agar tidak tenggelam.” (mus)

Dok. Istimewa

Pemprov DKI Jakarta Raih Penghargaan 3 Provinsi Terbaik, Wujudkan Kota Berketahanan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meraih terbaik tiga Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 kategori Provinsi Terbaik dari Bappenas RI.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024