Pertamina Tunggu Kepastian Iran Garap Blok Migas Besar

Ilustrasi pengeboran minyak.
Sumber :
  • reuters

VIVA.co.id – PT Pertamina menyatakan telah mengirimkan surat untuk mengelola dua blok minyak dan gas bumi raksasa di Iran. Lapangan atau blok migas itu adalah Ab-Teymour dan Mansouri yang total cadangan migas kedua blok itu mencapai tiga miliar barel. 

Kisah Dokter Nova saat Ahok Hampir Meninggal di Penjara

Direktur Hulu Pertamina, Syamsu Alam, mengatakan, perseroan masih menunggu keputusan dari Iran. Pejabat perusahaan migas Iran atau National Iranian Oil Company (NIOC) itu dalam waktu dekat akan berkunjung ke Indonesia untuk membicarakan hal tersebut. 

"Iran, kami sudah submit kemarin, saya sudah kirim surat. Dan deputi CEO-nya ingin datang ke Indonesia, minta untuk bicarakan masalah komersial," kata Syamsu di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Senin 13 Maret 2017. 

Besok, Bos Pertamina Bongkar Kisah Nyata Ahok di Penjara

Ia mengatakan, tahun ini akan ada keputusan pemerintah Iran atau pun NIOC agar Pertamina dapat ikut menggarap blok tersebut untuk bisa terealisasi. Optimisme itu, kata dia, dapat dilihat dari respons positif para pejabat tersebut.

"Tahun ini bisa selesai, pemerintah Iran bisa memutuskan siapa yang akan mengelola. Tapi, kami  enggak bisa memaksa, kami tunggu. Tapi mereka cukup impress," ujar dia. 

Erick Thohir Rombak Direksi Pertamina, Mulyono Jadi Direktur Logistik

Sebelumnya, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral juga mendorong Pertamina dapat masuk ke dua ladang migas tersebut. Tujuannya agar dapat memperkuat perusahaan migas nasional di kancah internasional. (art)

Hoax gara-gara HTI Pertamina rugi Rp11 Triliun

Gara-gara HTI Pertamina Rugi Rp11 Triliun, Cek Faktanya

Pertamina mengalami kerugian Rp11 triliun. Benarkah gara-gara HTI?

img_title
VIVA.co.id
2 September 2020