Pertamina Akan Kelola 53 SPBG Tahun Ini

SPBG Envogas Pertamina
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – PT Pertamina hingga kini telah mengoperasikan 34 unit Stasiun Pengisian Bahan bakar Gas, atau SPBG, termasuk tujuh Mobile Refueling Unit di wilayah Jabodetabek, Palembang, Semarang, dan Balikpapan. Namun, jumlah itu belum termasuk tambahan SPBG yang masih dalam tahap pembangunan.

Gara-gara HTI Pertamina Rugi Rp11 Triliun, Cek Faktanya

Dengan investasi Pertamina dan penugasan baru dari pemerintah, total SPBG yang akan dikelola Pertamina pada tahun ini akan mencapai 53 unit. Hal tersebut, menurut Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegro, akan semakin memudahkan masyarakat memanfaatkan energi ramah lingkungan ini untuk bahan bakar kendaraannya.

“Sebagai bahan bakar alternatif, CNG (gas alam terkompresi) dapat digunakan untuk mesin Otto yang berbahan bensin dan mesin diesel yang berbahan solar.  Selain lebih bersih dari bensin dan solar, emisi gas buang CNG sangat ramah lingkungan,” ujarnya.

Kisah Dokter Nova saat Ahok Hampir Meninggal di Penjara

Dia melanjutkan, Pertamina berkomitmen kuat melaksanakan penugasan pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM dalam program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG), yakni pembangunan infrastruktur BBG.

Untuk mempercepat konversi tersebut, dia menuturkan, Pertamina menempatkan MRU di tujuh titik lokasi strategis yang terintegrasi dengan jalur-jalur angkutan umum dan tidak terjangkau oleh infrastruktur gas. Adapun masing-masing unit MRU memiliki ukuran 20 ft dengan kapasitas storage sekitar 1.800 Lsp.  

Besok, Bos Pertamina Bongkar Kisah Nyata Ahok di Penjara

Setiap MRU terdiri dari satu unit storage dan satu kompresor untuk pengisian BBG CNG ke kendaraan konsumen. Sementara itu, Pertamina hari ini melakukan konvoi di jalan protokol Jakarta untuk menyosialisasikan keunggulan BBG-CNG kepada masyarakat.

Event automotif tersebut dikemas dalam CNG Station Site Tour & Natural Gas for Vehicles (NGV) Road Show. Konvoi yang dimulai dari IRTI Monas menyusuri Jalan Thamrin-Gatot Subroto–MT Haryono dan berakhir di SPBG Cililitan di selenggarakan dalam acara rutin tahunan Asia Pasifik Natural Gas Vehicle Association (ANGVA) 2017 pada 12-15 Maret oleh Asosiasi Perusahaan CNG Indonesia (APCNGI).

Dipilihnya SPBG Cililitan sebagai end point dari konvoi kendaraan berbahan baku CNG itu untuk menunjukan kepada publik, bahwa Pertamina siap memasok BBG CNG. SPBG yang dibangun sejak Agustus 2015 ini, telah melayani konsumen BBG di kawasan Jakarta Timur dan sekitarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya