Ada Dua Nama Calon Kuat Dirut Pertamina

Johan Budi SP, Juru Bicara Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/doc setkab

VIVA.co.id – Ada sejumlah nama yang diajukan sebagai calon direktur utama PT Pertamina, menggantikan Dwi Soetjipto, ke Presiden Joko Widodo. Namun dari sejumlah nama itu, hanya dua yang menguat.

Gara-gara HTI Pertamina Rugi Rp11 Triliun, Cek Faktanya

Juru Bicara Presiden, Johan Budi Sapto Pribowo tidak menyebutkan berapa nama yang diajukan ke Jokowi, namun sejumlah nama itu dianggap memiliki peluang kuat.

"Ini ada yang menguat dua nama," kata Johan, di Istana Negara, Jakarta, Rabu 15 Maret 2017.

Kisah Dokter Nova saat Ahok Hampir Meninggal di Penjara

Soal siapa kedua nama itu, apakah dari internal atau eksternal Pertamina, Johan enggan mengungkapkannya.

"Yang menguat dua, tapi belum tahu ini dari eksternal atau internal," katanya.

Besok, Bos Pertamina Bongkar Kisah Nyata Ahok di Penjara

Mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu meyakinkan, apa yang dipilih oleh Presiden Jokowi sudah melalui pembahasan yang matang. Sebab, Presiden juga mendapatkan masukan dari berbagai pihak mengenai sosok yang tepat memimpin perusahaan minyak dan gas pelat merah itu, termasuk soal integritas yang harus dimiliki.

"Sebelum memilih, Presiden punya banyak telinga yang kemudian memberi masukan dan Presiden diberi beberapa nama usulan dari stakeholders, baik BUMN dan kementerian yang lain," tutur Johan.

Selain itu, Presiden telah menelusuri rekam jejak calon tersebut harus bersih melalui lembaga hukum seperti Komisi Pemberantasan Korupsi maupun Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya