3 Nama Calon Terkuat Dirut Pertamina

Pengisian bahan bakar di SPBU Pertamina.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Jabatan posisi Direktur Utama PT Pertamina, kian menjadi rebutan panas, setelah diberhentikannya Dwi Soetjipto tempo hari.

Erick Thohir Rombak Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

Mulai bermunculan nama-nama baru seperti Elia Massa Manik yang merupakan direktur utama PT Perkebunan Nusantara III, lalu Sukandar, direktur utama Krakatau Steel, hingga Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Budi Gunadi Sadikin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA.co.id, posisi Direktur Utama, masih menjadi pembahasan panas di lingkungan Kementerian BUMN. Calon paling kuat yang akan ditunjuk disebut-sebut adalah Elia Massa Manik.

Jadi Top 5 Perusahaan TIC di Asia Pasifik, IDSurvey Tetapkan Visi Top 20 Global

Dirangkum dari berbagai sumber Kamis 16 Maret 2017, Elia memulai kariernya di PT Indofood Sukses Makmur Tbk, yang kemudian bergabung dengan Suez Grup pada  2001. Dia juga sempat bergabung dengan PT Kiani Kertas dan PT Jababeka.

Elia juga pernah menjadi CEO PT Kertas Basuki Rachmat Indonesia. Elia cemerlang dalam kariernya sejak menjadi PT Elnusa sebagai presiden direktur pada tahun 2011 hingga 2014, yang disebut berhasil menyehatkan perusahaan jasa migas tersebut.

Kementerian Ajak Pegawai BUMN 'Curhat' Demi Jaga Kesehatan Mental

Kini, Elia menjadi Direktur Utama PTPN III yang menjadi holding, atau induk dari 14 perusahaan BUMN di sektor Perkebunan tersebut. Ia juga disebut-sebut telah merestrukturisasi perusahaan-perusahaan di sektor perkebunan.

Sedangkan calon terrkuat kedua yang diisukan adalah Sukandar, yang merupakan Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk. Dari informasi yang dihimpun, Sukandar meniti karier sebagai Direktur Keuangan Krakatau Steel sejak November 2007 dan menjadi Direktur Utama pada tahun 2015.

Lulusan dari Institut Teknik Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini juga pernah menjadi Direktur di PT Humpuss dan juga pernah bekerja di PT Caltex Pacific Indonesia. Sementara itu, Budi Gunadi Sadikin calon terkuat ketiga, sebelumnya, adalah Direktur Utama PT Bank Mandiri, Tbk, yang kini menjabat sebagai Staf Khusus Menteri BUMN

Vice President Corporate Communications Pertamina, Wianda Pusponegoro mengatakan, pihaknya masih menunggu siapa yang akan menjadi pucuk pimpinan Pertamina.  "Kita tunggu bersama saja keputusan kementerian BUMN, sebagai pemegang saham," kata Wianda kepada VIVA.co.id. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya