Sah, Elia Massa Manik Dirut Pertamina Pilihan BUMN

Elia Massa Manik, Direktur Utama PT Pertamina (Kanan).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Kementerian Badan Usaha Milik Negara secara resmi menunjuk Elia Massa Manik sebagai Direktur Utama PT Pertamina. Hal itu diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Pertamina yang digelar hari ini, Kamis 16 Maret 2017.

Pelindo Bantu Warga yang Mau Mudik Lebaran Tapi Terkendala Biaya

"Sudah ditetapkan, Elia Massa Manik sebagai Direktur Utama Pertamina, mungkin sudah tahu, pak Elia ini dari PTPN," kata Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan, Kementerian BUMN, Gatot Trihargo dalam konferensi pers di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis 16 Maret 2017.

Gatot mengatakan, Elia sudah memiliki rekam jejak yang bagus selama ini, saat memimpin BUMN, atau pun perusahaan swasta. Hal itu menjadi bekal bagi Elia, untuk memimpin PT Pertamina ke depan.

Tebar Kehangatan di Safari Ramadan BUMN 2024, Kementerian BUMN dan Bank Mandiri Gelar Pasar Murah

"Kita ketahui, Pak Elia di Elnusa sebagai CEO dari 2011 sampai 2014, dan berhasil melakukan berbagai macam capaian. Beliau juga pernah di transportasi dan energi, dan rekam jejak beliau sangat membanggakan," kata dia.

Sementara itu, Elia, sebagai pimpinan baru perusahaan migas pelat merah tersebut berharap akan membuat tim yang solid di tubuh Pertamina. "Kerja saja belum, kita sering berbagi dengan pak Komut kita bisa berharap membuat tim yang solid," kata dia.

Erick Thohir Rombak Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

Dirangkum VIVA.co.id , dari berbagai sumber, Kamis 16 Maret 2017, Elia memulai kariernya di PT Indofood Sukses Makmur Tbk, yang kemudian bergabung dengan Suez Grup pada 2001. Dia juga sempat bergabung dengan PT Kiani Kertas dan juga PT Jababeka.

Elia juga pernah menjadi CEO PT Kertas Basuki Rachmat Indonesia. Elia cemerlang dalam kariernya sejak menjadi PT Elnusa sebagai Presiden Direktur pada tahun 2011 hingga 2014 yang disebut berhasil menyehatkan perusahaan jasa migas tersebut.

Kini, Elia menjadi Direktur Utama PTPN III yang menjadi holding, atau induk dari 14 perusahaan BUMN di sektor Perhubungan. Ia juga disebut-sebut telah merestrukturisasi perusahaan di sektor perkebunan tersebut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya