Kenaikan Suku Bunga The Fed Tak Goyahkan IHSG

Papan elektronik pergerakan IHSG.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Pada pertengahan sesi II hari ini, Kamis 16 Maret 2017, indeks harga saham gabungan masih berjalan tenang di zona hijau, karena menguat 55,24 poin, atau 1,02 persen di posisi 5.487 pada pukul 14.15 WIB.

The Fed Pangkas Suku Bunga ke Level 0 Persen

Hal tersebut, sesuai dengan pernyataan Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio, di mana keputusan Bank Sentral Amerika Serikat, atau The Fed, setelah menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin, dinilai tidak akan berpengaruh besar pada kinerja pasar modal. 

Menurutnya, pelaku pasar diyakini telah mengantisipasi kebijakan tersebut jauh hari sebelumnya. Terlihat, sepanjang sesi I, indeks komposit bergerak di kisaran 5.458,4 hingga 5.439,59. 

Minim Sentimen Penopang, Bursa Saham Diprediksi Melemah

"Saya sudah bilang bahwa kita sudah restore, orang juga sudah memprediksi," ujarnya, saat ditemui di kantornya, Kamis 16 Maret 2017.

Tito menjelaskan, pergerakan pasar saham Kamis ini lebih didukung oleh publikasi kinerja emiten yang cenderung membaik, terutama emiten-emiten sektor perbankan yang memang telah menyampaikan laporan keuangan tahunannya. 

Sentimen Positif Global dan Domestik Topang Penguatan IHSG

Ia menambahkan, masih banyak perusahaan-perusahaan besar yang belum menyampaikan laporan keuangannya. Hingga saat ini, baru sekitar 80 emiten yang telah melaporkan kinerja keuangannya. 

"Rata-rata, bagus pertumbuhannya. Nanti, kalau sudah ada 150 emiten yang lapor, baru bisa kita ngomong berapa pertumbuhan kinerja rata-ratanya," tuturnya. (asp)

Harga emas naik.

Harga Emas Hari Ini 24 Januari 2022: Global Bervariasi, Antam Turun

Harga buyback emas Antam pun mengalami penurunan jika dibandingkan perdagangan terakhir pada pekan lalu.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2022