TUTUP
TUTUP
BISNIS

Mau Beli Mobil Tapi Duit Pas-pasan, Ini Caranya

Ada beberapa opsi yang bisa kita lakukan
Mau Beli Mobil Tapi Duit Pas-pasan, Ini Caranya
Penjualan mobil bekas di MGK Kemayoran. (VIVA.co.id/Pius Mali)

VIVA.co.id – Sebagian orang menganggap mobil merupakan kebutuhan karena keluarga yang memiliki anggota yang banyak, atau sering bepergian ke tempat yang lumayan jauh. Ada juga yang memikirkan bahwa mobil merupakan lambang sosial seseorang. 

Di mana Anda sudah dianggap mampu jika bisa memiliki rumah dan mobil pribadi. Lalu jika memang dasarnya membutuhkan atau untuk kebutuhan dan memiliki gaji yang pas apa bisa memiliki mobil? tentu saja bisa dengan tips dari Cermati.com berikut ini.

1. Manfaatkan diskon

Apakah Anda tahu setiap akhir tahun showroom sering memberikan diskonan? Diskonan ini bisa digunakan untuk membeli mobil dengan uang yang terbatas. Misalnya Anda ingin membeli mobil tanpa harus menanggung harga yang tinggi, maka bisa membeli atau kredit di akhir tahun. 

Bisa juga dengan menabung terlebih dahulu selama setahun untuk membeli mobil di akhir tahun. Selain itu Anda juga bisa mengecek pada sales jenis diskonan apa yang tersedia dan bisa dimanfaatkan.

2. Mobil second hand

Second hand alias tangan kedua memang sama dengan mobil bekas, namun Anda bisa manfaatkan karena harganya pasti lebih murah dan berbeda dengan baru. 

Second hand di sini adalah Anda dapat memanfaatkan tangan kedua, di mana Anda membeli mobil bekas dengan mobil yang baru dimiliki oleh satu orang pemilik. 

Mobil agak berbeda dengan motor, di mana ketika pemiliknya menggunakan mobil dengan kasar maka kualitas mobil menurun dan kenyamanannya sudah berkurang. Semakin banyak mobil berganti-ganti pemilik tentu kualitasnya pun menurun. 

Jadi usahakan tetap mencari yang berkualitas meskipun mobil bekas.

3. Mobil rental

Bekas mobil rental bisa menjadi alternatif selanjutnya yang bisa dimanfaatkan. Sama seperti mobil bekas, umumnya jika ada satu mobil yang sudah tidak digunakan maka akan dijual oleh rental tersebut. 

Apalagi, rental yang bagus akan menggunakan mobil keluaran tahun terbaru untuk mengutamakan kualitas untuk customer. Biasanya penggunaan mobil rental pun masih tahunan tidak terlalu tua, dengan jenis mobil rata-rata mini bus.

4. Jual butuh

Solusi selanjutnya mungkin  yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Di mana mereka menjual karena membutuhkan uang. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk membeli mobil tersebut. 

Terkadang karena harganya terlalu murah beberapa orang sengaja menambahkan harga namun tidak semahal penjualan normal. Solusi seperti ini cocok untuk Anda yang ingin membeli mobil dengan gaji yang pas-pasan setiap bulannya. 

Tetapi jual butuh memang hanya tersedia untuk mobil sesuai dengan yang ingin dijual, Anda tidak bisa memilih layaknya mobil di showroom. 

5. Kredit

Selanjutnya adalah kredit, di mana Anda mungkin tahu bahwa kredit solusi yang paling banyak dipilih masyarakat Indonesia. Anda juga bisa menyesuaikan pembayaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda per bulannya. 

Meskipun membebani namun Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini jika memiliki kesulitan memiliki mobil dengan gaji yang pas-pasan. Kredit bisa dilakukan di showroom atau melalui media atau lembaga perkreditan yang banyak menyediakan fasilitas dan kelebihan di Indonesia. 

Syaratnya tidaklah sulit, di mana Anda hanya menyerahkan data diri dan juga beberapa ketentuan seperti slip gaji atau bukti berapa pendapatan setiap bulannya.

6. One by one

Beberapa orang menggunakan cara unik ini untuk memiliki mobil. Mungkin ampuh untuk anda yang sering menghabiskan uang secara cuma-cuma. Anda bisa menggunakan uang yang dimiliki untuk membeli mobil jenis yang sesuai dengan uang. 

Kemudian jika memiliki uang lagi, jual mobil tersebut dan kembali membeli dengan tingkat yang lebih tinggi. Seperti itu terus hingga anda merasa bahwa mobil yang dimiliki cukup sesuai eranya dan dengan kualitas yang super canggih. Biasanya solusi ini sekaligus dijadikan usaha oleh pemiliknya. Misalnya transaksi atau jual beli mobil.

Gaji kecil bukanlah hambata membeli mobil

Tips di atas tadi membuktikan bahwa gaji kecil nyatanya tidak menghalangi seseorang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Terutama kebutuhan seperti halnya pedagang besar yang membutuhkan mobil angkut seperti pick up atau bahkan truk mini. Anda juga bisa mewujudkannya karena memang ingin memiliki mobil.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP