Angkutan Udara untuk Lebaran 2017 Mulai Disiapkan

Ratusan calon penumpang pesawat mengantre untuk masuk kedalam Terminal 1 C Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten,
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Iqbal

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan mulai menyiapkan angkutan untuk menghadapi datangnya Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah peningkatan layanan di berbagai jasa transportasi.

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Agus Santoso, mengatakan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan stakeholder perhubungan udara dalam rangka peningkatan pelayanan penerbangan. Dalam pertemuan tersebut juga membahas mengenai persiapan perhubungan udara dalam menyambut Lebaran tahun ini.

"Pertemuan antara stakeholder semuanya, mulai dari air navigation juga mengenai operator bandara. Kenapa kami kumpulkan, karena kami tahu bandara dimulai dari darat. Sehingga semua harus disiapkan berupa penyiapan di-runway," kata Agus, di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat, 17 Maret 2017.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

Menurutnya, angkutan udara merupakan sektor penting dalam memberikan pelayanan transportasi terbaik bagi masyarakat. Mengingat pada saat Lebaran maupun libur panjang, mayoritas masyarakat menggunakan jasa transportasi udara.

"Pada saat Lebaran biasanya presentase passenger lebih banyak menggunakan penerbangan. Lonjakan penumpang bisa mencapai 7 sampai 9 persen karena itu pesawat harus dipersiapkan," tuturnya.

Begini Cara Memilih Angkutan Bus yang Laik Jalan

Agus menjabarkan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan rencana penambahan pesawat tambahan (extra fligt) untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang.

"Extra flight itu penerbangan di luar schedule. Rencana sementara kami akan melakukan penambahan penerbangan dari segi kuantitas. Dan dari segi kualitas harus menerbangkan pesawat yang memiliki regulasi dan kesiapan lain yang sudah ditetapkan," ujar Agus. (ase)

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato, Gorontalo

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Panua Pohuwato di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo pada Senin, 22 April 2024. Menurut dia, proyek bandara ini memak

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024