TUTUP
TUTUP
BISNIS

Keuntungan Finansial yang Diperoleh dengan Menikah

Kondisi ekonomi cenderung meningkat. Apa sebab?
Keuntungan Finansial yang Diperoleh dengan Menikah
Ilustrasi pasangan

VIVA.co.id – Menikah memang membutuhkan biaya. Bahkan, biaya nikah terkadang cukup besar dan bisa menguras kekayaan seseorang. Namun, menikah juga bisa mendatangkan keuntungan finansial. 

Oleh karenanya, banyak orang tua menganjurkan anaknya untuk segera menikah bila usianya sudah cukup. Apa saja sih keuntungan finansial yang diperoleh lantaran menikah? Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari situs CekAja.com, pada Senin 20 Maret 2017.

Penghasilan meningkat

Orang yang menikah cenderung mengalami peningkatan kondisi ekonomi. Hal itu bukan mitos melainkan fakta. Bahkan Virginia Commonwealth University membuktikan anggapan tersebut dengan melakukan penelitian. Hasilnya, penghasilan pria yang sudah menikah ternyata mengalami peningkatan 22 persen dibandingkan saat lajang. 

Biasanya, kenaikan berasal dari meningkatnya tunjangan perusahaan atau hal lainnya. Memang sih, pria lajang yang bekerja dalam sebuah perusahaan biasanya mendapatkan tunjangan lebih sedikit dibandingkan mereka yang sudah menikah.

Saling berguru soal keuangan

Dengan menikah seseorang akan saling menularkan nilai-nilai positif dari diri masing-masing. Tak terkecuali nilai positif terkait keuangan. Bila Anda orang yang boros, sementara pasangan Anda pandai mengatur keuangan, biasanya masalah yang Anda punya akan terselesaikan seiring semakin bertambahnya usia pernikahan. 

Sebab, pasangan Anda akan berusaha untuk menanamkan kebiasaan positif dalam hal finansial. Misalnya, bila Anda tidak suka menabung sementara pasangan rutin menabung, pasangan akan mencari jalan untuk membuat Anda menjadi lebih hemat dan menabung. Caranya dengan mengambil alih pengelolaan keuangan di tangannya.

KPR lebih mudah

Saat masih lajang, Anda akan menanggung biaya tempat tinggal seorang diri. Sedangkan bila Anda sudah menikah, Anda justru bisa membeli rumah secara KPR. Sebab, penghasilan keluarga semakin besar karena penggabungan penghasilan.

Anda pun sangat mungkin untuk lolos dari sekian persyaratan yang diajukan bank. Mengajukan KPR dengan joint income atau menggabungkan penghasilan sehingga cicilan KPR per bulan adalah hal yang umum dilakukan pasangan. Dengan demikian, jumlah utang dari KPR tidak melebihi 30 persen dari penghasilan.  

Pria cepat mendapatkan promosi

Survei yang dilakukan di Amerika pada 2005 terhadap para pekerja di sana menunjukkan, pria yang sudah menikah mendapatkan kenaikan level dan juga promosi lebih cepat dibanding rekan kerja mereka yang masih lajang. Dengan adanya kenaikan level, biasanya akan diiringi kenaikan pendapatan bukan?

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP