Jalan Tol Gempol - Pasuruan Seksi 1 Beroperasi Akhir Maret

Ilustrasi Proyek Desa.
Sumber :
  • Antara/ Adhitya Hendra

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  menargetkan pada 2017, akan beroperasi jalan tol baru sepanjang 392 Km. Ruas tol baru yang akan beroperasi tidak hanya tol Trans Jawa namun juga ruas tol lain di Indonesia termasuk sebagian tol Trans Sumatera.

Jokowi Senang Pelabuhan Wani dan Pantoloan Berdiri Kokoh Lagi Usai Diguncang Tsunami Palu 2018

Dengan tambahan tersebut maka, total jalan tol baru yang beroperasi yakni 568 Km setelah dua tahun sebelumnya (2015-2016), Kementerian PUPR memberikan izin operasional jalan tol sepanjang 176 km.

Salah satu ruas tol yang akan beroperasi dalam waktu dekat ini adalah jalan tol Gempol - Pasuruan seksi A2 (Bangil-Rembang). Untuk mengejar target dapat beroperasi pada akhir Maret ini, tim gabungan yang terdiri dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan Korlantas POLRI melakukan pengujian kelaikan jalan tol.

Ramp Check Angkutan Lebaran 2024, Dishub Tangerang: Bus Pakai Klakson Telolet Tak Laik Jalan

"Untuk ruas jalan tol Bangil-Rembang ini secara umum sudah memenuhi persyaratan, bulan ini ditargetkan dapat beroperasi," tutur Anggota BPJT Koentjahjo Pamboedi dalam keterangan tertulisnya, Minggu 19 Maret 2017.

Jalan Tol Gempol - Pasuruan terdiri dari tiga seksi, yaitu Gempol - Rembang (13,9 km) yang terbagi dalam 2 paket pekerjaan yaitu paket A1 Gempol - Bangil (6,8 km) dan paket A2 Bangil - Rembang (7,1 km). Seksi 2 Rembang - Pasuruan (6,6 km) dan seksi 3  - Pasuruan - Grati (12,15 km).

Rehabilitasi Pasca Bencana, Jokowi: Gedung RSUD Anutapura Palu Pertama Pakai Sistem Shockbreaker

"Untuk segmen Bangil–Rembang (paket A2) kami sudah 100 persen siap untuk pengoperasiannya tergantung tim uji layak fungsi, dan kami berharap Maret ini dapat diresmikan. Kami sudah siap, mulai dari sarana di jalan maupun kendaraan dan petugas operasionalnya," tutur Direktur Utama PT Trans Marga Jatim Pasuruan Agus Purnomo.

Sedangkan untuk segmen Gempol – Bangil (paket A1), Agus mengatakan bahwa ruas tersebut ditargetkan pada musim lebaran tahun ini sudah dapat beroperasi, pembebasan lahan tersisa tinggal dua persen yang diharapkan dapat diselesaikan pada pertengahan April.

Selanjutnya untuk seksi dua sepanjang 6,6 km (Rembang – Pasuruan), konstruksinya sudah dimulai sejak Februari dan ditargetkan dapat diselesaikan pada akhir September.

"Jadi akhir tahun untuk tol Gempol - Pasuruan ditargetkan sudah bisa beroperasi 21 km, karena untuk seksi 2 (Rembang – Pasuruan) saat ini pembebasan lahannya telah mencapai sekitar 90 persen sedangkan untuk seksi 3 (Pasuruan – Grati) mencapai 35 persen," kata  Agus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya