Harga Cabai Rawit Merah Kini Rp71 Ribu Per Kilogram

Pedagang cabai di pasar tradisional. (Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

VIVA.co.id – Selama sepekan terakhir ,harga berbagai jenis cabai di tingkat konsumen yang dipantau Kementerian Pertanian telah menurun cukup dalam. Termasuk, cabai rawit merah yang pada beberapa bulan lalu harganya sampai di kisaran Rp150 ribu per kilogram. 

Daftar Harga Pangan 27 Maret 2024: Beras Premium hingga Cabai Naik

Kementerian Pertanian mencatat di Pasar Induk Kramat Jati, barometer harga di Jakarta, menunjukkan penurunan tinggi pada harga cabai rawit merah. Pada 12 Maret, seharga Rp90 ribu per kg menjadi Rp71 ribu per kg pada 19 Maret 2017. Angka ini menunjukkan penurunan sebesar Rp19 ribu per kg. 

Kemudian, untuk jenis cabai merah kriting dalam perhitungan periode yang sama, harganya turun sebanyak Rp6 ribu per kg, yaitu dari Rp23 ribu per kg menjadi Rp17 ribu per kg. Sementara itu, cabai rawit hijau sebesar Rp3 ribu per kg, yaitu dari Rp33 ribu per kg menjadi Rp30 ribu per kg. 

Kemenko Perekonomian Ungkap Besarnya Gap Pasokan Pangan: 50 Persen Terpusat di Pulau Jawa

Penurunan ini diungkapkan Direktur Jenderal Holtikultura Spudnik Sujono, karena dilatari beberapa hal, meliputi mulai membaiknya curah hujan di beberapa daerah sentra produksi, tata niaga, dan tidak luput juga karena pengaruh penertiban para tengkulak cabai oleh Bareskrim beberapa pekan lalu. 

"Semua itu, jadi faktor eksternal yang memengaruhi langsung," ujar Spudnik di Kantor Direktorat Jenderal Holtikultura Jakarta, Senin 20 Maret 2017.

Daftar Harga Pangan 20 Maret 2024: Bawang hingga Telur Naik

Selain itu, terkait faktor internal, yaitu produksinya, ia katakan terus dikembangkan, mulai tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) produsen, maupun beberapa komunitas dan rumah tangga yang secara mandiri melakukan aksi menanam cabai. (asp)

Ilustrasi daging sapi

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Harga komoditas pangan masih terpantau mengalami kenaikan. Beberapa di antaranya seperti bawang merah, cabai, daging sapi, hingga gula konsumsi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024