TUTUP
TUTUP
BISNIS

Dua Wilayah Ini Lokasi Favorit Pencari Hunian di Indonesia

Meski ada penurunan tapi tidak berdampak.
Dua Wilayah Ini Lokasi Favorit Pencari Hunian di Indonesia
Desain Rumah di Proyek Perumahan di Serpong, Tangerang.

VIVA.co.id – Kawasan Jakarta dan Tangerang masih menjadi lokasi favorit para pencari hunian di Indonesia. Berdasarkan hasil survei Rumah.com, Property Affordability Sentiment Index, meski pasokan hunian di kedua lokasi tersebut mengalami penurunan pada kuartal keempat tahun 2016 lalu, angkanya masih tergolong tinggi.

Rumah.com Property Affordability Sentiment Index merupakan survei tahunan yang dilakukan oleh Rumah.com bekerja sama dengan lembaga riset Intitut Research, Singapura, dengan total 1.030 responden yang dilakukan pada bulan November-Desember 2016 kemarin.

Country Manager Rumah.com  Wasudewan, menjelaskan meski minat masyarakat terhadap hunian di wilayah Jakarta dan Tangerang tetap kuat, namun pasokan hunian di kedua wilayah tersebut ternyata malah menurun pada kuartal IV-2016.

Data ini diperoleh dari Rumah.com Property Market Index berdasarkan perilaku 3,4 juta pengunjung Rumah.com yang mengakses 17 juta halaman properti setiap bulan di Rumah.com.
 
“Pada kuartal II dan III tahun 2016 lalu, pasokan hunian di Jakarta tumbuh lima persen dan tiga persen. Namun pada kuartal IV, pasokan turun sebanyak delapan persen. Kondisi yang sama juga terjadi di Tangerang, Banten, yang lokasinya berbatasan dengan Jakarta,” kata dia dalam keterangannya, Senin 20 Maret 2017. 

Wasudewan mengatakan pada kuartal II dan III tahun 2016 lalu, pasokan hunian di Tangerang tumbuh dua persen dan tiga persen. Namun pada kuartal IV-2016, turun sebanyak enam persen.

Menurut dia,  adanya aksi massa berjumlah besar yang terjadi pada kuartal IV tahun 2016 lalu serta adanya kampanye Pilkada DKI Jakarta dan Banten membuat para penjual properti memilih bersikap wait and see.

Kondisi pasokan yang belum tumbuh signifikan mungkin akan terus berlanjut setelah melewati putaran kedua Pilkada DKI di bulan April 2017 ini dan sekaligus datangnya bulan Ramadan serta Idul Fitri pada Mei – Juni 2017 mendatang.
 
“Secara umum, Jakarta Selatan menawarkan pasokan hunian paling besar dibanding wilayah lain di ibukota, dengan jumlah sekitar 40 persen. Disusul Jakarta Barat (21 persen), Jakarta Timur (19 persen), Jakarta Utara (13 persen) dan Jakarta Pusat (6 persen). Komposisi ini tidak berubah secara signifikan sepanjang tahun lalu berdasarkan data Rumah.com Property Market Index,” tutur Wasudewan. 

Berikut 10 besar lokasi favorit
1.Jakarta  
2.Tangerang  
3.Bekasi
4.Bandung
5.Bogor
6.Depok
7.Surabaya
8.Semarang
9.Medan
10.Denpasar

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP