PLTU Talaud Beroperasi di Perbatasan Filipina

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Talaud 2x3 MW
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agustinus Hari

VIVA.co.id  – PT Perusahaan Listrik Negara berkomitmen untuk pembangunan pembangunan pembangkit tenaga uap Talaud kapasitas 2x3 megawatt. Ini adalah salah satu PLTU skala kecil yang sedang dibangun oleh PLN dan berlokasi di Desa Tarun, Kecamatan Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara di perbatasan Filipina.

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

"Kami menargetkan PLTU Talaud 2x3 MW yang berada di daerah paling utara Indonesia yang beroperasi dengan Filipina ini menjadi PLTU skala kecil pertama di Indonesia yang akan beroperasi. Unit pertama akan beroperasi secara komersial pada kuartal IV Tahun 2017 ini, " ujar Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara PLN, Machnizon Masri, di Melonguane, Kepulauan Talaud, usai melihat langsung progres pembangunan PLTU Talaud 2x3 MW, Rabu 22 Maret 2017.

Turut mendampingi, Kepala Divisi Konstruksi PLN Sulawesi dan Nusa Tenggara, Hakim Nawawi, General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Utara, Octavianus Padudung, dan General Manager PLN Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo, Baringin Nababan.

Penggunaan SPKLU di Jakarta Naik Tiga Kali Lipat Selama Periode Lebaran

"Ini menjadi komitmen PLN dalam mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, yaitu menghadirkan infrastruktur ketenagalistrikan tidak hanya di pulau-pulau besar saja, tetapi juga ke pulau terdepan yang menjadi beranda Indonesia," ujar Machnizon.

Octavianus menambahkan, kemajuan pembangunan PLTU Talaud yang dikerjakan oleh Kontraktor PT Bousted Maxiterm Industries ini telah mencapai 85 persen.

Sri Mulyani Bertemu Presiden ADB Bahas Transisi Energi hingga Pensiun Dini PLTU

"Hingga Kuartal I Tahun 2017 ini, progres pekerjaan di lapangan telah mencapai 85 persen. Kami optimis dapat mencapai target COD di kuartal IV Tahun 2017," katanya.

PLTU Talaud 2x3 MW ketika akan beroperasi nanti, akan membantu memenuhi kebutuhan listrik masyarakat yang berada di sistem kelistrikan Karakelang, yang meliputi Kecamatan Beo dan Kecamatan Melonguane, ibu kota kabupaten Kepulauan Talaud dengan jumlah pelanggan yang dilayani mencapai 13 ribu pelanggan. Sementara itu, beban puncak di sistem Karakelang saat ini mencapai 3,5 MW. (asp)

Forbes telah mengeluarkan daftar 10 orang terkaya di Indonesia pada 2017 ini. Siapa saja orang paling tajir di Tanah Air? Lihat video di VIVAgrafis .

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya