Cara Mudah Dongkrak Omzet Usaha

Ilustrasi pengusaha kecil lukisan UMKM jemur lukisan
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Membangun usaha, bukan cuma butuh modal dan sumber daya manusia. Membangun usaha, juga membutuhkan strategi pengembangan yang tepat. Termasuk, dari sisi pemasaran untuk meningkatkan omzet penjualan. 

Kembangkan Bisnis Petani, Pria Ini Ubah Kopi Jadi Karya Seni

Omzet penjualan yang terus bertumbuh, bisa berpengaruh positif pada capaian laba usaha. Terlebih, bila usaha mampu dijalankan dengan efisien. Bagaimana cara mudah mengerek omzet usaha? Anda bisa mencoba empat trik berikut dari Halomoney.co.id ini.

1. Tingkatkan kualitas produk

Kisah Srikandi RI yang Sukses Kelola Bisnis Budidaya Udang

Bila produk Anda bagus dan berkualitas, serta memiliki pasar, maka penjualan itu tinggal menunggu waktu. Produk yang berkualitas adalah modal utama, agar Anda bisa mengerek tingkat penjualan. 

Sekaligus, cara pemasaran yang efektif antarkonsumen. Jika konsumen puas dengan kualitas produk Anda, dia akan merekomendasikan kepada orang-orang di sekitarnya.

Beri Pinjaman Rp50 Miliar, eFishery Bantu Petani Lewati COVID-19

2. Strategi kanal pemasaran

Produk yang bagus tanpa didukung distribusi pemasaran yang oke, akan jalan di tempat. Anda perlu merumuskan strategi pemasaran yang tepat dari sisi distribusi. 

Sebagai contoh, bila produk Anda menyasar pasar umum, atau massal dan tidak eksklusif, memperbanyak kanal pemasaran di kanal yang memungkinkan, perlu Anda tempuh. Sebaliknya, bila produk dibungkus sebagai barang eksklusif, Anda perlu menentukan kanal-kanal mana saja yang bakal efektif mendukung distribusi pemasaran.

3. Ciptakan musim promo

Produk bagus, tetapi sering diobral, bisa memengaruhi gengsi dan customer behavior. Orang akan menunda pembelian dan sekadar menunggu Anda menggelar diskon. Maka itu, ciptakan musim promo tersendiri. 

Anda bisa memanfaatkan momentum umum seperti Harbolnas, perayaan hari nasional, dan lain sebagainya. Tetapi, dapat pula Anda menciptakan lagi waktu promo khusus yang menjadi kekhasan produk Anda. 

4. Jangan pelit berpromosi

Era media sosial memungkinkan Anda menjangkau pasar yang tak terbatas. Anda bisa memanfaatkan para selebgram, social influencer, atau blogger untuk membantu promosi produk Anda sehingga omzet bisa terdongkrak. 

Memakai jasa social influencer tidak harus berbayar. Cari saja kalangan influencer yang bisa barter jasa alih-alih memasang tarif promosi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya