OJK: Pertumbuhan Ekonomi Lima Persen Tak Cukup Bagi RI

Mantan Ketua Dewan Komisioner OJK 2012-2017, Muliaman D Hadad.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Bank Dunia memproyeksikan produk domestik bruto Indonesia pada tahun ini, mampu berada di kisaran 5,2 persen. Pada 2018 mendatang, pertumbuhan ekonomi bisa berada di angka 5,3 persen. Proyeksi tersebut, dengan asumsi seluruh komponen pengeluaran tahun ini stabil.

BPS: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di 2021 Capai 3,69 Persen

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D. Hadad memandang, meskipun proyeksi tersebut di atas target pemerintah, namun angka pertumbuhan lima persen bagi negara berkembang seperti Indonesia, dianggap belum cukup untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat ke tingkat selanjutnya.

"Butuh pertumbuhan ekonomi lebih tinggi lagi untuk mendorong lapangan kerja dan jabatan middle income," jelas Muliaman, Jakarta, Rabu 22 Maret 2017.

BI Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI 2022 Maksimal 5,5 Persen

Pemerintah bersama para pemangku kepentingan terkait, kata Muliaman, pun telah berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, dengan berbagai cara. Mulai dari percepatan pembangunan infrastruktur, sampai meningkatkan iklim investasi dengan berbagai kemudahan. 

Namun, dalam hal pembangunan, harus diakui bahwa dibutuhkan sumber pendanaan yang signifikan dalam jangka panjang. Selain dari sisi pendanaan, kondisi eksternal juga pada akhirnya mau tidak mau menjadi kekhawatiran yang menyebabkan kondisi perekonomian mengalami tekanan.

Pertumbuhan Ekonomi 5,5 Persen pada 2022 Dapat Tercapai Jika...

"Ketergantungan pendanaan asing, membuat Indonesia lebih rentan. Penting bagi Indonesia, untuk memobilisasi sumber dana domestik, karena APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) terbatas. Sektor keuangan, bisa jadi katalis untuk mendorong ekonomi domestik," ujarnya. (asp)

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu, Febrio Kacaribu.

Kemenkeu: Pertumbuhan Ekonomi 2021 yang Dirilis BPS Sesuai Prediksi

BPS baru saja merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal IV-2021 sebesar 5,02 persen dan sepanjang 2021 3,69 persen.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2022