Apa Untungnya RI Dapat Rating Layak Investasi?

Standard & Poor's
Sumber :
  • CNBC.com

VIVA.co.id – Standard and Poor’s menjadi satu-satunya lembaga pemeringkat internasional yang sampai saat ini, belum menyematkan rating, atau peringkat layak investasi bagi Indonesia. Padahal, rating tersebut, merupakan salah satu acuan bagi para investor, yang ingin menempatkan dananya di dalam negeri.

Sendi Ekonomi RI Bisa Ditopang dari Peringkat S&P

Lantas, apa keuntungan Indonesia mendapatkan rating layak investasi?

“Kalau rating kita semakin baik, maka makin banyak investor yang semakin nyaman dengan credit story Indonesia,” ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara, Jakarta, Jumat 24 Maret 2017.

Krisis Diplomatik, S&P Turunkan Peringkat Utang Qatar

Suahasil mengatakan, dengan rating layak investasi, Indonesia bisa menjadi salah satu destinasi menarik bagi para investor. Artinya, para investor yang datang untuk menanamkan modalnya pun akan bervariasi. Tidak hanya dari negara-negara maju, melainkan dari negara-negara lainnya.

Apalagi, kondisi tersebut ditambah dengan rangkaian reformasi yang dilakukan pemerintah, guna mengundang para investor. Reformasi perekonomian pemerintah diharapkan mampu meyakinkan S&P untuk menyematkan rating layak investasi bagi Indonesia.

Dampak Peringkat Layak Investasi Terasa Tahun Depan

“Kami sudah cukup buktikan diri bahwa Indonesia punya cerita pembangunan ekonomi dan fiskal yang kredibel. Ini yang kami sampaikan kepada rating companies,” ujarnya.

Sebagai informasi, dua lembaga pemeringkat internasional seperti Fitch dan Moody’s Investors Service telah menyematkan rating layak investasi bagi Indonesia. Bahkan, lembaga pemeringkat Jepang, Japan Credit Rating Agency ikut memperbaiki outlook rating Indonesia menjadi positif. (asp)

Kantor lembaga pemeringkat kredit Standard & Poor's

Luhut Pede Peringkat Utang RI dari S&P Bakal Naik Lagi

Stabilitas makro dan fiskal RI dalam kondisi sangat baik.

img_title
VIVA.co.id
20 Oktober 2017