Percepat Pembiayaan Sektor Pangan, Ini Gebrakan OJK

Petani panen padi di sawah.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Otoritas Jasa Keuangan meluncurkan Program “AKSI Pangan”, yang merupakan upaya sinergi kebijakan dalam mengakselerasi inklusi keuangan untuk mendukung Program Nawa Cita, guna mewujudkan kedaulatan pangan di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Jumat 24 Maret 2017.

Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Program AKSI Pangan yang merupakan akronim dari Akselerasi, Sinergi dan Inklusi Keuangan di bidang pangan ini menjadi bagian dari tindak lanjut “Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat” yang diluncurkan Presiden RI di Brebes Jawa Tengah pada April 2016, dan bagian dari implementasi dari Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) yang juga diluncurkan Presiden Joko Widodo pada November 2016 lalu.

“AKSI Pangan ini merupakan upaya nyata OJK bersama kementerian terkait, serta pelaku industri jasa keuangan untuk mempercepat dan meningkatkan pembiayaan sektor pangan khususnya pada sebelas komoditi utama pangan,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad, Jumat 24 Maret 2017.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Ia berharap, dengan Program AKSI Pangan ini mampu menjadi gerakan nasional dalam memperkenalkan dan mengimplementasikan skema pembiayaan secara rantai nilai (value chain financing) yang diharapkan menjadi momentum percepatan akses keuangan di sektor pangan.

OJK menargetkan, pada 2017 ini ,19 bank partner mampu meningkatkan penyaluran kredit pada sektor tani, buruh, dan hutan sebesar 14,12 persen menjadi Rp260 triliun. (asp)

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan
Ilustrasi harga pangan.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

Harga komoditas pangan beberapa masih mengalami kenaikan. Hal itu terjadi pada bawang merah, cabai merah keriting, daging sapi, dan gula konsumsi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024