Meski Murah, Jangan Beli Rumah di Lokasi Ini

Ilustrasi membeli rumah.
Sumber :
  • rumahku.com

VIVA.co.id – Rumah memang sebuah kebutuhan utama untuk seluruh manusia di bumi. Tidak hanya digunakan sebagai tempat tinggal, namun rumah juga digunakan untuk melindungi manusia dari berbagai macam ancaman seperti bencana alam, hujan, angin, bahkan gangguan hewan buas.

Apartemen Antasari 45 Mangkrak, Begini Penjelasan Lengkap PDS

Karena itu, tidak mengherankan jika rumah memiliki harga yang fantastis, bahkan bisa jadi pembelian rumah adalah pembelian terbesar dalam hidup Anda. 

Rumah dengan harga yang murah selalu saja menggiurkan dan selalu menjadi incaran bagi banyak orang, apalagi untuk keluarga muda. Namun, jangan sampai Anda mudah tertarik hanya karena harga cukup murah, atau fasilitasnya. 

23 Ribu Pohon Ditebang, Petani Coklat Gugat Sentul City Rp3,8 Miliar

Dikutip dari Rumahku.com, Minggu 26 Maret 2017, ada berbagai macam faktor lain yang harus Anda pertimbangkan.  Meskipun rumah dibanderol dengan harga yang murah, hindari membeli rumah di lokasi berikut ini.

1. Dekat dengan SPBU

Apartemen Antasari 45 Mangkrak, Pembeli Geruduk Kantor Polisi

Mungkin untuk sebagian besar orang memiliki hunian yang dekat dengan tempat pengisian bahan bakar adalah bentuk kepraktisan tersendiri. Namun di lain sisi, rumah yang mempunyai jarak terlalu dekat dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), bahkan radius kurang dari 1 kilometer bisa terkena dampak ancaman seperti kebakaran. 

Bukan hanya kebakaran, Anda juga harus mewaspadai polusi udara yang bisa berakibat kurang baik pada kesehatan keluarga dan Anda sendiri.

2. Dekat dengan Bandara

Sebuah penelitian mengemukakan, jika seseorang yang tinggal di dekat bandara memiliki risiko peningkatan akan kardiovaskular yang cukup tinggi. Hal ini, karena bisingnya pesawat terbang yang cukup keras, selain itu dapat menimbulkan reaksi kejut pada jantung sehingga mengakibatkan tekanan darah meningkat drastis. 

Untuk jangka pendek, mungkin Anda tidak terlalu melihatnya, namun untuk jangka panjang hal ini menjadi kurang baik.

3. Dekat dengan kali

Memiliki rumah dekat dengan kali, sudah pasti menjadi hal yang lumrah diketahui bila hunian ini akan berisiko terkena banjir atau abrasi. Lantas, apakah kita harus menolak perumahan yang ditawarkan dekat dengan kali? 

Jawabanya tidak perlu menolaknya, namun Anda harus lebih mencermatinya, walaupun kawasan dekat dengan sungai, apakah kawasan tersebut bebas dari bencana banjir ketika musim hujan? (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya