Ingin Punya Uang Rp1 Miliar, Ini Caranya

Ilustrasi Menabung.
Sumber :

VIVA.co.id –  Siapa yang tak ingin memiliki tabungan yang terisi uang yang melimpah. Terutama ketika sedang kesulitan dan memiliki masalah, maka uang tersebut bisa membantu dan menolong. Namun apakah hal tersebut hanya mimpi saja.

Datangi Bank Sampah di Jakbar, Erick Thohir Nabung Kardus Bekas

Di mana pendapatan sangat terbatas, namun ingin memiliki simpanan hingga tabungan puluhan, jutaan bahkan miliaran rupiah? Tentu saja tidak. Ada peribahasa yang mengatakan sedikit demi sedikit menjadi bukit. Di mana  bisa menabung dan menghasilkan uang sebanyak apapun. Caranya, berikut ini seperti dikutip dari cermati.com

1.Penggunaan autodebet

4 Resolusi Tahun Baru untuk Kehidupan yang Stabil Secara Finansial

Autodebet merupakan cara pertama yang bisa dilakukan untuk menabung sampai Rp1 miliar. Kesadaran yang rendah menyebabkan banyak orang memaksa untuk menabung dengan menggunakan autodebet.

Sehingga setiap bulannya uang akan masuk ke tabungan khusus tanpa harus ditabung terlebih dahulu. Dengan pemasukan yang seperti itu, bisa mendapatkan tabungan dengan nominal yang besar.

Ajari Anak Melek Keuangan Lewat Kebiasaan Menabung

Selain itu, autodebet dimanfaatkan banyak pengusaha karena dianggap tidak ribet. Jika terus dikumpulkan, tentu lama-kelamaan uang akan semakin banyak jika uang tersebut tidak diambil dan dikontrol dalam waktu jangka panjang.

2. Sisakan 20 persen

Dalam hukum pengelolaan uang, jika ingin memiliki uang banyak, harus menyisihkan 10 persen-20 persen penghasilan untuk menabung. Jumlah 10 persen memang rasanya sedikit, jika memiliki penghasilan Rp3 juta rupiah, maka sekitar 300 hingga 600 ribu harus disisihkan dalam tabungan.

Tetapi, bagi beberapa pihak lebih memilih menyisihkan anggaran sebesar itu untuk kebutuhan sehari-hari atau untuk liburan. Sulit memang, namun bagi mereka yang memiliki tabungan dengan jumlah 0 yang tidak tertata, menerapkan prinsip pengelolaan keuangan ini adalah sebuah keharusan.

Ketika memisahkan uang, logikanya anda masih memiliki 80% uang untuk kebutuhan. Meskipun terkadang 80 persen tersebut jika dinominalkan tidaklah besar. Tetapi hasilnya akan lumayan besar jika dilakukan secara konsisten.

3. Sedikit demi sedikit

Sedikit demi sedikit merupakan tips selanjutnya untuk mendapatkan Rp1 miliar. Tentu bagi beberapa orang, menabung dan mengambilnya kembali sudah jelas tidak membuat kaya.

Bagi mereka yang memiliki tabungan Rp1 miliar tanpa pemasukan yang banyak, menabung sedikit demi sedikit tanpa diambil adalah investasi sendiri. Secara tidak sadar nominal itu akan membesar jumlahnya.

4. Jangan diambil semua

Apa sih gunanya menabung? Tentu apabila sedang membutuhkan, tidak perlu khawatir dengan kesulitan secara finansial, kemudian meminjam uang atau berutang yang akhirnya menambah beban pengeluaran.

Ketika menabung dan mencapai nominal yang sangat tinggi, jangan langsung mencairkan dana tersebut. Namun jika memang membutuhkannya, silahkan menggunakan uang tabungan untuk memenuhi kebutuhan.

Jangan mengambilnya semua atau menghabiskan semaunya karena ingin membeli sesuatu. Sifat seperti ini juga menjadikan tidak akan bisa memiliki tabungan sebesar Rp1 miliar layaknya para hartawan.

5. Konsisten

Mereka yang memiliki tabungan banyak adalah orang-orang yang konsisten dan bisa menepati janji. Mereka akan tetap menabung meskipun sedikit atau bernominal yang berbeda dari biasanya. Memang terkadang  sedang memiliki kebutuhan mendadak yang menyebabkan mengeluarkan dana ekstra.

Namun bagi miliarder menabung juga sebuah kebutuhan, sehingga berapapun nominalnya tidaklah penting. Hal yang penting adalah kegiatannya yang dilakukan secara rutin dan konsisten. Karena hal tersebutlah yang terkadang menghambat.

Mulai dari konsisten, menabung sedikit demi sedikit dan tips lainnya merupakan kegiatan yang bisa dilakukan. Tentunya untuk mendapatkan tabungan Rp1 miliar butuh proses dan juga kerja keras. Tidak asal jadi atau langsung instan layaknya penipuan atau usaha bodong. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya