Tiket Kereta Api Lebaran Sudah 70 Persen Ludes Terjual

Ilustrasi Mudik dengan Kereta Api
Sumber :
  • VIVAnews / Gestina Rachmawati

VIVA.co.id – PT Kereta Api Indonesia menyatakan tiket kereta api untuk mudik lebaran 2017 telah habis hingga 70 persen. Pemesanan tiket sejak jauh-jauh hari, tampaknya mendapat respons positif bagi masyarakat.

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Jarak Jauh, Begini Cara Dapatnya

Senior Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto, mengatakan kereta api dengan pemberangkatan dari Jakarta, baik dari stasiun Senen ataupun stasiun Gambir menuju Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa  Timur telah dipesan masyarakat dan hanya tersisa di kisaran 30 persen.

"Dengan interval waktu tanggal 15 Juni 2017 sampai dengan 25 Juni 2017, dari pemberangkatan wilayah Jakarta menuju Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, tinggal tersisa 30 persen lagi," kata Suprapto kepada VIVA.co.id, Jakarta, Senin, 27 Maret 2017.

Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2024 Sudah Bisa Dibeli, Catat Tanggalnya

Sedangkan untuk tiket dari Jakarta dengan tujuan Jawa Tengah, yaitu Yogyakarta atau Semarang maupun ke Jawa timur, yaitu Surabaya atau Kediri, tercatat dari pemberangkatan tanggal 20 Juni atau H-5 sampai dengan tanggal 24 Juni atau H-1 telah habis terjual.

"Sementara untuk tanggal 15 Juni sampai dengan 19 Juni  masih tersedia. Lalu, untuk pemberangkatan tanggal 25 Juni posisi yang tadi, sejak dini hari dipesan jam 00.00 WIB, kondisi sudah mencapai 80 persen," ujar dia.

KAI Obral Harga Tiket Kereta Api Mulai Rp 150.000, Catat Rute Tujuannya

Ia melanjutkan, untuk relasi Gambir menuju Bandung masih banyak tersedia. Berbeda dengan relasi Gambir menuju Cirebon untuk pemberangkatan tanggal 22 Juni atau H-3 sampai dengan tanggal 24 Juni atau H-1 sudah habis terjual.

Untuk wilayah khusus PT KAI Daop 1 Jakarta, lanjut dia, pihaknya telah mempersiapkan 52 perjalanan KA reguler dengan tujuan Jawa Barat,  Jawa Tengah dan Jawa Timur. Total kapasitas tempat duduk untuk KA reguler berjumlah 29.560 tempat duduk.

Sedangkan KA tambahan yang beroperasi dari wilayah Daop 1 Jakarta berjumlah 15 perjalanan KA dengan total tempat duduk total 17 ribu.

"Ini baru gelombang pertama.  Nanti akan ada gelombang kedua. Pastinya, nanti tunggu pengumuman resmi lagi, seiring nanti telah selesainya pekerjaan perbaikan kereta di balai yasa (tempat perawatan kereta api)," tutur dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya