Dapat Rp1 Triliun, PMN Bukan Buat Jalan-jalan Direksi

Rumah subsidi.
Sumber :
  • Dokumentasi Lamudi

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2017, mengalokasikan Penyertaan Modal Negara kepada PT Sarana Multigriya Finansial sebesar Rp1 triliun. Suntikan tersebut, diharapkan mampu dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Pemanfaatan Aset Negara Buat Bangun IKN Jadi Fokus Kerja DJKN 2022

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap, dana tersebut mampu dipergunakan seefisien mungkin. Terutama, dalam menjaga biaya operasional perusahaan tidak membengkak. Sehingga, manfaat yang lebih bisa dirasakan seluruh elemen masyarakat.

“Tolong dijaga, sehingga manfaat dari uang pemerintah yang ditanam di SMF itu betul-betul untuk rakyat, bukan untuk bayar komisaris dan direksi SMF jalan-jalan dan segala macamnya,” jelas Ani, sapaan akrab Sri Mulyani Indrawati, Jakarta, Senin 27 Maret 2017.

Mau Beli ORI021 Bunga 4,9 Persen, Ini 28 Mitra Distribusinya

PT SMF merupakan Badan Usaha Milik Negara yang berada langsung di bawah Kemenkeu, yang mengemban tugas untuk membangun dan mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan melalui sekuritisasi dan pembiayaan, di mana dana yang dihasilkan akan disalurkan melalui Kredit Perumahan Rakyat.

Melalui kegiatan sekuritisasi dan penyaluran pinjaman, SMF telah mengalirkan dana dari pasar modal ke penyalur KPR sejak awal berdiri sampai 31 Desember 2016 mencapai Rp27,4 triliun, yang terdiri dari penyaluran pinjaman sebesar Rp20,2 triliun, dan sekuritisasi sebesar Rp7,2 triliun.

Polisi Tangkap Pegawai DJKN Pemalsu Surat Lahan BLBI 

Sesuai dengan rencana kerja tahun 2017, SMF fokus dalam memperluas target penyaluran pinjaman, baik kepada Bank Pembangunan Daerah, maupun perusahaan pembiayaan. Selain itu, program pilot project pengembangan KPR SMF pun sudah dilakukan, dengan menggandeng beberapa perusahaan pembiayaan.

“Jadi, betul-betul, harus operating cost-nya harus seefisien mungkin, karena setiap rupiah yang ditanam di SMF bukan untuk direksi, tetapi masyarakat secara umum,” tutur Ani. (asp)

Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Kemenkeu Catat Aset Tanah PTNBH Senilai Rp161,30 Triliun

Untuk nilai BMN berupa tanah di 12 PTNBH. Jenis aset PTNBH terbagi menjadi dua yang salah satunya tanah.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2022