Mulai 1 April Semua Kendaraan Bisa Lewat Jembatan Cisomang

Kondisi Jembatan Cisomang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Manajemen PT Jasa Marga Tbk menyatakan, perbaikan Jembatan Cisomang di Jalan Tol Purbaleunyi kilometer 100+700 yang sempat mengalami pergeseran sekitar 53 sentimeter terus dilakukan. Perbaikan tahap pertama ditargetkan selesai pada 31 Maret 2017.

Perbaikan Jembatan Cisomang Telan Dana Rp135 Miliar

General Manager Jasa Marga Tol Purbaleunyi, Setia Budi, mengatakan, anggaran yang dikeluarkan untuk tahap pertama mencapai Rp90 miliar. Tahap pertama itu meliputi pengerjaan penguatan fondasi atau pengerjaan darurat.

"Untuk saat ini sampai tanggal 31 Maret ada yang namanya perbaikan tahap pertama. Nah, perbaikan-perbaikan pekerjaannya butuh biaya lebih kurang Rp90 miliar," kata Setia di lokasi pengerjaan proyek perbaikan Jembatan Cisomang, Purwakarta, Jawa Barat, Senin 27 Maret 2017.

Batas Beban Kendaraan yang Boleh Lewat Jembatan Cisomang

Dia melanjutkan, setelah selesai pengerjaan pada tahap pertama ini, semua golongan kendaraan sudah bisa melewati jembatan Cisomang pada 1 April. Namun, masih ada pengecualian bagi kendaraan yang memiliki beban yang terlalu berat.

"Pada awal April ruas Cipularang atau jembatan Cisomang ini kembali dibuka untuk seluruh golongan kendaraan kecuali golongan overload," kata dia.

Jembatan Cisomang Ditargetkan Beroperasi Normal April

Selanjutnya, kata dia, perbaikan tahap pertama ini akan dilanjutkan dengan pengerjaan tahap kedua atau disebut pengerjaan permanen. Diperkirakan, pengerjaan permanen akan menelan biaya total menjadi Rp120 miliar hingga Rp130 miliar, dan ditargetkan selesai pada akhir September 2017.

"Namun perbaikan permanen tidak mengakibatkan adanya pemilihan golongan kendaraan lagi," tutur dia. (art)

Perbaikan jembatan Cisomang

Mulai Hari Ini, Cisomang Bisa Dilalui Semua Kendaraan

Kecuali kendaraan kelebihan beban.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2017