Perbaikan Jembatan Cisomang Telan Dana Rp135 Miliar

Perbaikan Jembatan Cisomang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan, biaya yang dibutuhkan untuk penyelesaian perbaikan keseluruhan Jembatan Cisomang, di Jalan Tol Purbaleunyi. Totalnya mencapai Rp135 miliar hingga tahap penyelesaian secara permanen. Diketahui, perbaikan dilakukan karena jembatan tersebut sempat bergeser sekira 53 sentimeter, lantaran pergeseran lapisan tanah yang ada di bawahnya. 

Batas Beban Kendaraan yang Boleh Lewat Jembatan Cisomang

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penggelontoran dana tersebut adalah kewajiban dan keharusan bagi PT Jasa Marga Tbk, sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Tujuannya, tak lain adalah untuk jaminan keselamatan bagi para pengguna jalan tol. 

"Biaya ini semuanya sekira Rp135 miliar, saya dapat laporan ketua timnya," kata Basuki, di lokasi proyek perbaikan Jembatan Cisomang, Purwakarta, Jawa Barat, Senin 27 Maret 2017.

Mulai 1 April Semua Kendaraan Bisa Lewat Jembatan Cisomang

Basuki juga menegaskan kepada seluruh BUJT untuk memonitor semua jembatan panjang yang ada di jalan tol masing-masing BUJT. Hal itu merupakan standar keselamatan bagi pengguna jalan tol. "Kepada seluruh BUJT, kami instruksikan untuk memonitor jembatan-jembatan panjang yang ada di jalan tolnya masing-masing, baik Purbaleunyi, Cipali, Semarang, Solo-Bawean dan Salatiga," kata dia. 

Jika tidak dimonitor, sambung Basuki, pihaknya bisa memberikan sanksi sesuai dengan aturan bagi BUJT yang tidak sesuai atau memenuhi Standar Pelayanan Minimum(SPM)-nya. "Kalau dia tidak memonitor, kita dapat pastikan kalau dia (BUJT) tidak memenuhi SPM. Berarti ada sanksinya seperti penaikan tarifnya (tidak naik-naik). Karena SPM syarat supaya memenuhi dalam kelaikan jalan.” (mus)

Jembatan Cisomang Ditargetkan Beroperasi Normal April
Perbaikan jembatan Cisomang

Mulai Hari Ini, Cisomang Bisa Dilalui Semua Kendaraan

Kecuali kendaraan kelebihan beban.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2017