Mei 2017 Rute Internasional Garuda Pindah ke Terminal 3

Calon penumpang Garuda Indonesia antre di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Selasa sore tadi mengecek kesiapan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, yang akan menjadi terminal penerbangan internasional. Bahkan, mulai Mei mendatang, seluruh penerbangan internasional maskapai Garuda Indonesia akan melalui Terminal 3.

AP II Modernisasi Sub Tower AMC Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta

Sebelum meninjau langsung lokasi, Menhub Budi pun menggelar pertemuan dengan pihak Otoritas Bandara, PT Airnav Indonesia, dan PT Angkasa Pura II serta Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub di kantor Otoritas Bandara Wilayah I.

Menhub mengatakan, pihaknya akan menunggu kelengkapan syarat-syarat  operasional Terminal 3 untuk penerbangan internasional sebelum dioperasikan. Ditargetkan Budi, masa waktu evaluasi dan klarifikasi adalah sekitar dua minggu ke depan atau hingga 15 April 2017.

Ribuan Simpatisan Habib Rizieq Masuki Kawasan Terminal 3 Soetta

"Setelah itu, Garuda akan mempersiapkan timnya kurang lebih dua minggu. Jadi paling lambat tanggal 1 Mei Garuda Indonesia dengan 26 Flight (penerbangan) akan pindah ke Terminal 3," kata Budi di Terminal 3 Soetta, Cengkareng, Tangerang, Selasa 28 Maret 2017.

Sejauh ini, Menhub mengatakan, pihaknya belum menemukan sesuatu kekurangan yang signifikan dalam pembangunan Terminal 3 khusus penerbangan Internasional ini. "Jadi tinggal koordinasi saja, yang penting adalah simulasi dari kegiatan masing-masing, baik itu di Imigrasi apakah di custom, apakah di sistem, itu saya harapkan disimulasi, jadi kita masih punya waktu kurang lebih satu bulan," ujar Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu.

Viral, Penumpang Diduga Dilecehkan Petugas Rapid Test Bandara Soetta

Lebih lanjut, Budi pun mengatakan, untuk penerbangan Internasional yang selama ini melalui Terminal 2 Bandara Soetta akan dipindahkan secara full ke Terminal 3 pada bulan Agustus 2017. Untuk tahap awal, Garuda akan terlebih dahulu melakukan uji coba penerbangan internasional melalui Terminal 3.

"Jadi bulan Mei ini Garuda aja. Nanti bulan Agustus semua (penebangan internasional di Terminal 2) pindah ke Terminal 3 Internasional," lanjut Budi. (ren)

Lokasi tes PCR Drive Thru di Terminal 3 Bandara Soetta.

Hasil Tes PCR di Bandara Soetta Bisa Keluar 3 Jam, Segini Tarifnya

Mulai hari ini, hasil tes PCR resmi sebagai syarat wajib penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sesuai aturan pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
24 Oktober 2021