Rupiah Berpotensi Menguat Lagi Rabu ini

Uang rupiah dan dolar AS.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Perdagangan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat setelah libur hari raya Nyepi, diperkirakan dapat kembali berbalik arah menguat seiring dengan melemahnya laju dolar paman Sam.

Bank Indonesia Proyeksi Dolar AS Bakal Anjlok di Semester II-2024

Analis PT Binaartha Sekuritas, Reza Priyambada, mengungkapkan kembali melemahnya laju dolar tampaknya sebagai penolong bagi rupiah yang sempat akan membentuk tren pelemahan. 

"Perkiraan akan adanya pelemahan pun dapat terpatahkan oleh indeks harga saham gabungan yang mampu bertahan dari pelemahannya. Pergerakan rupiah cenderung untuk mencoba kembali variatif menguat tipis," ujarnya di Jakarta, Rabu 29 Maret 2017.

Rupiah Menguat Pagi Ini, tapi Berpotensi Balik Melemah

Reza menjelaskan, sentimen pelemahan dolar berasal dari gagalnya pengajuan program layanan kesehatan dari pemerintahan Presiden Donald Trump kepada parlemen setelah banyak anggota senat yang menolak.

"Terutama dari kubu Demokrat, membawa implikasi pada kembali melemahnya laju dolar yang sempat menguat jelang pengajuan tersebut," tuturnya.

Rupiah Dibuka Stagnan di Rp 15.810 per Dolar AS

Sementara dari dalam negeri, kata Reza, sentimen negatif masih rendahnya perolehan dana repatriasi pengampunan pajak atau Tax Amnesty tampaknya terimbangi oleh sentimen positif dari pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.

Dia mengatakan bahwa pemerintah akan mengeluarkan kebijakan pemerataan ekonomi, salah satunya memberikan modal kepada rakyat guna mengurangi ketimpangan sosial.

"Tetap mencermati berbagai macam sentimen yang dapat merubah arah penguatan rupiah. Diperkirakan rupiah akan bergerak dengan kisaran Rp13.332 hingga Rp13.268 per dolar AS," ujar Reza. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya