Prancis Akan Investasi di Indonesia Rp35 Triliun

Presiden Prancis, Francois Hollande.
Sumber :
  • Reuters/Jacky Naegelen

VIVA.co.id – Presiden Republik Prancis Francois Hollande, hari ini melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Kunjungannya kali ini adalah bagian dari rangkaian lawatannya ke Asia Tenggara.

Gibran Bereskan Pekerjaan Wali Kota usai Putusan MK, Siapkan Investasi Kecerdasan Buatan

Dengan didampingi Menteri Pertahanan dan Menteri Muda urusan Industri, Digital dan Inovasi, delegasi Prancis akan menandatangani sejumlah nota kesepahaman.

Berdasarkan keterangan tertulis Kedutaan Besar Prancis di Indonesia, disebutkan bahwa akan ada sepuluh kesepakatan kemitraan di berbagai sektor strategis antara perusahaan Prancis dan Indonesia yang akan ditandatangani. Total investasi yang terkait dengan kemitraan tersebut mencapai lebih dari US$2,6 miliar, atau setara Rp35 triliun.

Bos Indodax Ungkap Langkah Krusial agar Cuan Kelola Aset Kripto

"Lebih dari satu miliar diinvestasikan ke sektor energi, lebih dari US$1,1 miliar dalam infrastruktur transportasi dan pariwisata, dan US$500 juta dalam bisnis ritel," demikian keterangan tertulis Kedubes Prancis yang diterima VIVA.co.id.

Jumlah ini pun belum mencakup investasi sebesar ratusan juta dolar, maupun komitmen pengembangan kompetensi serta sejumlah realisasi investasi di bidang kosmetika, pengolahan karet, pertanian serta kedirgantaraan yang ikut dalam rombongan presiden.

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Selain itu, sektor lain seperti di bidang pertahanan, kemitraan maritim, ekonomi kreatif, pembangunan perkotaan berkelanjutan, pembiayaan proyek-proyek infrastruktur bagi Indonesia, menunjukkan beragamnya lingkup kerja sama antara Indonesia dan Prancis, termasuk sebagai anggota G20.

Lawatan setingkat ini merupakan yang pertama kali dilakukan sejak kunjungan Presiden Francois Mitterrand pada tahun 1986, yang memperlihatkan keinginan Prancis untuk memperkuat hubungannya dengan Indonesia yang telah menjadi mitra strategisnya sejak 2011. (asp)

Vera Margaret

Jangan Sampai Terjerat Pinjol, Ini Tips Kelola Keuangan Lebih Cerdas

PT Bank UOB Indonesia (UOB) menggelar diskusi bertajuk 'Membangun Budaya Keuangan yang Sehat bagi Generasi Muda, di Ramayana Terrace, Jakarta, Pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024