Gangguan Produksi di Libya Membuat Harga Minyak Stabil

Pengeboran minyak bumi
Sumber :
  • http://www.oilman.com.au/

VIVA.co.id – Harga minyak mentah dunia Kamis pagi ini dibuka stabil. Itu setelah ada keseimbangan antara penurunan produksi minyak mentah di Libya dan menurunnya stok bensin di Amerika Serikat, serta masih tersedianya stok minyak mentah AS yang banjiri pasar.

SKK Migas Pantau Ketat Dampak Konflik Hamas-Israel ke Sektor Hulu Migas Indonesia

Dilansir dari laman Reuters, Kamis 30 Maret 2017, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) naik 5 sen menjadi sebesar US$49,57 per barel. Sementara harga minyak jenis Brent sebesar US$52,42 per barel.

Peningkatan harga minyak hari ini masih didorong oleh turunnya jumlah produksi minyak Libya sebesar 500 ribu barel per hari (bph). Penurunan itu akibat penutupan jaringan pipa dari lapangan minyak terbesar oleh demonstran bersenjata.

Harga Minyak Dunia Mulai Mendidih Akibat Perang Israel Vs Hamas

Turunnya produksi minyak tersebut, kemudian menyeimbangkan naiknya persediaan minyak AS yang mencapai 867 ribu barel dalam satu pekan terakhir. Sehingga, jumlah stok minyak AS mencapai 534 juta barel sesuai data Administrasi Informasi Energi (EIA).

Sebelumnya, Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), bersama dengan beberapa produsen lain, termasuk Rusia, telah sepakat untuk mengurangi produksi hingga mencapai 1,8 juta barel per hari pada paruh pertama tahun ini, guna mengendalikan overhang pasokan bahan bakar global dan menopang harga.

Menteri ESDM Sebut Harga Pertamax Bakal Naik Lagi, Masyarakat Bisa Balik ke Pertalite

Namun, karena produksi minyak di pasar tetap membengkak setengah dari perkiraan, maka ada harapan bahwa rencana pemotongan produksi minyak akan diperpanjang dalam paruh kedua tahun ini. (one)

BBM jenis Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta

Antisipasi Dampak Konflik Palestina-Israel, Pemerintah Kaji Harga Pertalite Sesuai Jenis Kendaraan

Pemerintah akan mengatur detail kriteria kendaraan yang dapat mengisi Pertalite, dan juga tengah mengkaji untuk membuat perbedaan harga Pertalite sesuai jenis kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
18 Oktober 2023