Harga BBM April Depan Dipastikan Tidak Naik

Kepala Dirjen Migas Prof. Dr. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, harga solar bersubsidi dan premium penugasan diatur kenaikannya per tiga bulan. Sejak ditetapkan pada awal Januari lalu, harga dua jenis BBM tersebut akan mengalami penyesuaian harga pada awal April 2017. 

Harga Komoditas Dunia Meroket, Kargo Batu Bara Terdongkrak Naik

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi dari Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja, mengungkapkan kemungkinan besar harga kedua jenis BBM tersebut akan tetap selama tiga bulan ke depan atau hingga bulan Juni 2017. Ia menyampaikan, kemungkinan itu berdasarkan kajian beberapa variabel selama 3 bulan belakangan ini. 

"Hasil review kan harga naik turun, memang masih ada delta negatif saat ini, tapi dengan semua pertimbangan sepertinya akan tetap," kata Wiratmaja saat ditemui di Kementerian ESDM Jakarta, Kamis 30 Maret 2017. 

Konflik Rusia ke Ukraina Dongkrak Harga Minyak RI

Penetapan dan pengumuman secara resmi, lanjut Wirat, akan dilakukan pada tanggal 31 Maret 2017. Keputusan tersebut dilakukan dengan pertimbangan berbagai aspek yang diambil oleh pemerintah.

"Bapak menteri (ESDM) kan juga sudah sampaikan, kemungkinan tetap, dilihat dari semua aspek," ujar dia. 

Pemerintah Kasih Insentif Pemasangan PLTS Atap untuk UMKM hingga RS

Sebelumnya pada awal tahun, pemerintah telah memutuskan, harga solar subsidi sebesar Rp5.150 per liter dan premium penugasan di luar wilayah Jawa, Madura dan Bali sebesar Rp6.450 per liter. Penetapan itu berlaku selama tiga bulan, dari 1 Januari 2017 sampai akhir Maret 2017. 

Penetapan harga baru BBM akan dilakukan pada tiga bulan berikutnya, yakni mulai 1 April 2017 sampai akhir Juni 2017. (ren)

Pabrik Pupuk Iskandar Muda.

Reaktivasi Pabrik PIM-1 Bakal Tingkatkan Produksi Pupuk Indonesia

Pupuk Indonesia mengaprisiasi Kementerian ESDM yang memasok gas agar pabrik Pupuk Iskandar Muda yang sudah 10 tahun lebih mati, hidup kembali.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022