Bang Yos Diangkat Jadi Komisaris Utama Semen Indonesia

Sutiyoso ditunjuk jadi Komisaris Utama PT Semen Indonesia.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – PT Semen Indonesia Tbk, emiten berkode saham SMGR, menyepakati akan membagikan keuntungan atau dividen kepada para pemegang saham sebesar Rp1,81 triliun, atau setara 40 persen dari laba bersih sebesar Rp4,52 triliun di 2016.

8 BUMN Ini Sepakat Akselerasi Capai Target Penurunan Emisi Karbon

Direktur Utama Semen Indonesia Rizkan Chandra mengatakan bahwa hal tersebut telah disahkan melalui  Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

"Pemegang saham dalam rapat telah menyetujui untuk membagikan dividen dalam waktu dekat sebesar Rp1,81 triliun, atau setara Rp304,92 per saham," ujarnya di Jakarta, Jumat, 31 Maret 2017.

Tak Takut Mati, Jenderal Kopassus TNI Datangi Sarang Teroris Sendirian

Sementara, lanjut Rizkan, sisa perolehan  laba bersih yang sebesar Rp2,71 triliun, atau 60 persen dari laba bersih Rp4,52 triliun akan digunakan sebagai cadangan untuk tahun ke depannya. Dengan begitu bisa bermanfaat bagi modal kerja perseroan.

Rizkan menuturkan, Selama 2016 Semen Indonesia meraup laba bersih sebesar Rp4,52 triliun, angka raupan laba tidak ada perubahan bila dibanding posisi periode 2015. Laba perseroan yang tetap stabil di level tersebut, dikarenakan posisi pendapatan mengalami penurunan dari Rp26,94 triliun menjadi Rp26,13 triliun.

Konvoi Koopsus TNI ke Markas FPI, Bang Yos: Kita Belum Segenting Itu

Tunjuk Sutiyoso

Selain itu, Rizkan juga menambahkan, dalam RUPS juga menyetujui perombakan jajaran komisaris dan direksi. Di mana posisi komisaris utama diganti menjadi Sutiyoso yang merupakan mantan kepala Badan Intelejen Negara (BIN). Bang Yos, sapaan akrab Sutiyoso, menggantikan posisi mantan Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar. Selain itu, ada pula beberapa komisaris yang diganti.

Sedangkan bangku jajaran Direksi, pemegang saham menunjuk Agung Yunanto m?enjadi salah satu direktur perseroan yang akan mengurusi permasalahan sumber daya manusia (SDM) dan hukum. Sebelumnya posisi inidijabat oleh Ahyanizzaman. Sedangkan Ahyanizzaman akan menjabat sebagai Direktur Pemasaran and Supply Chain.

Berdasarkan hasil RUPS, pergantian jajaran Komisaris dan Direksi tersebut, maka susunan manajemen yang baru sebagai berikut: 

Dewan Komisaris:

Komisaris Utama Sutiyoso
Komisaris Hambra
Komisaris Sony Subrata
Komisaris Astera Primanto Bhakti
Komisaris Independen Wahyu Hidayat
Komisaris Independen Djamari Chaniago
Komisaris Independen Nasaruddin Umar

Dewan Direksi:

Direktur Utama Rizkan Chandra
Direktur Keuangan Darmawan Junaidi
Direktur Pemasaran & Supply Chain Ahyanizzaman
Direktur Produksi & Strategi Bisnis Johan Samudra
Direktur Pengembangan Usaha & Litbang Budi Siswoyo
Direktur Enjiniring & Proyek Aunur Rosyidi
Direktur SDM & Hukum Agung Yunanto

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya