Mulai Hari Ini, Cisomang Bisa Dilalui Semua Kendaraan

Perbaikan jembatan Cisomang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Terhitung mulai dini hari ini, Sabtu 1 April 2017 pukul 00.00 WIB, Jembatan Cisomang yang terletak di Km 100+700 Jalan Tol Purbaleunyi kembali dibuka untuk semua golongan kendaraan, kecuali kendaraan kelebihan beban (overload).

Perbaikan Jembatan Cisomang Telan Dana Rp135 Miliar

PT Jasa Marga Tbk menyatakan, batas beban kendaraan yang diperbolehkan untuk melintasi Jembatan Cisomang di antaranya, golongan dua hingga golongan empat dengan beban maksimal 10 ton per sumbu. Selain itu, golongan lima dengan berat total maksimal 45 ton per kendaraan.

General Manager Jasa Marga Cabang Purbaleunyi, Setia Budi, menjelaskan, hingga saat ini perbaikan tahap satu Jembatan Cisomang telah selesai.

Batas Beban Kendaraan yang Boleh Lewat Jembatan Cisomang

"Setelah perbaikan tahap satu selesai, kami akan melanjutkan perbaikan tahap dua yang dikerjakan secara simultan dengan perbaikan permanen, sehingga proses perbaikan Jembatan Cisomang akan selesai pada akhir September 2017," ujarnya lewat keterangan resmi di Jakarta, Sabtu, 1 April 2017.

Selain itu, Setia Budi juga menyampaikan, Jasa Marga dan Kepolisian telah menyiapkan skenario screening atau penyaringan kendaraan dengan muatan berlebih melintas di Jembatan Cisomang pada Ruas Cipularang, baik dari arah Bandung (KM 120) maupun dari arah Jakarta (KM 83) dengan menggunakan alat WIM (weigh in motion), yang bekerjasama dengan Puslitbang Jalan dan Jembatan.

Mulai 1 April Semua Kendaraan Bisa Lewat Jembatan Cisomang

Selain di Jalan Tol Purbaleunyi, lanjutnya, screening juga dilakukan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Bandung, tepatnya di Km 41.  "Kendaraan yang overload akan dipasangi stiker sebagai tanda pelanggaran batas berat dan dimensi kendaraan," tuturnya.

Jasa Marga mengimbau khususnya untuk pengguna jalan tol non golongan satu untuk tidak mengangkut muatan melebihi kapasitas yang diizinkan, sebagai bagian dari ketaatan terhadap aturan serta demi kelancaran lalu lintas. Mengingat biasanya kendaraan overload tidak dapat berjalan pada kecepatan minimum yang dipersyaratkan.

Jasa Marga juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan melalui informasi kondisi lalu-lintas terkini yang bisa didapatkan melalui Jasa Marga Traffic Information Center (14080), Twitter @PTJASAMARGA, live streaming www.jasamargalive.com, dan mobile apps JMCARe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya