Masalah Keuangan yang Perlu Dibicarakan Pasangan

Ilustrasi Pasangan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Memiliki waktu kebersamaan bersama pasangan adalah saat yang tepat untuk saling mengenal satu sama lain lebih jauh lagi. Bukan hanya demi bermesraan saja, pasangan juga bisa saling terbuka untuk membicarakan hal lain yang penting bagi masa depan berdua, termasuk membicarakan masalah keuangan.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Sikap saling jujur dan terbuka ini akan lebih membuat Anda dan pasangan merasa lebih dekat satu sama lain. Membicarakan masalah keuangan juga sangat berpengaruh untuk masa depan nanti, apalagi jika sudah memutuskan menikah.

Setelah menikah mau tidak mau, masalah keuangan harus dikerjakan dengan tuntas jangan sampai menemui hambatan tertentu yang akan menciptakan masalah baru dalam rumah tangga.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Berikut ini beberapa hal tentang masalah keuangan yang perlu dibicarakan bersama pasangan berdasarkan situs keuangan Cermati.com:

1. Tabungan dan investasi

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Kedua hal ini, merupakan kunci sukses di masa depan nanti. Banyak orang mulai memikirkan hal ini sejak usia mereka masih muda, tentunya dengan harapan kehidupan yang lebih baik di masa depan nanti. Sebaiknya rencanakan untuk banyak menabung dan berinvestasi dengan kemampuan Anda berdua.

Bicarakan pilihan jenis investasi  yang akan dipilih Anda dan pasangan. Dan untuk menabung, berapa persen yang akan disisihkan untuk menabung, nantinya agar berbagai kebutuhan di masa depan bisa terpenuhi.

2. Memisahkan akun bank

Bila berencana akan menikah, maka pastikan Anda dan pasangan memiliki beberapa akun bank untuk masing-masing keperluan. Tidak perlu adanya penggabungan rekening tabungan, hanya karena nanti Anda dan pasangan akan menikah.

Membuat pos dalam bentuk rekening nantinya akan sangat berguna agar pengelolaan pengeluaran lebih hemat.

3. Jangan berbohong

Dalam sebuah hubungan tentu perlu adanya kejujuran satu sama lain. Dengan saling terbuka dan jujur, termasuk jujur soal masalah keuangan yang mungkin sedang dialami.

Jika saat ini Anda sedang memiliki utang baik utang kartu kredit maupun utang jenis lainnya, sebaiknya ceritakan masalah ini dengan jujur kepada pasangan. Usahakan untuk segera menyelesaikan urusan utang tersebut setidaknya sebelum menuju pernikahan.

4. Curhat soal belanja

Memiliki kebiasaan berbelanja ternyata harus juga dibicarakan dengan pasangan. Pasangan masing-masing harus mengetahui bagaimana Anda, dan pasangan menghabiskan uang untuk berbelanja dalam sebulan. Biarkan pasangan Anda mengetahui secara detail tentang hal ini.

5.Atur keuangan bersama-sama

Tidak ada salahnya jika Anda dan pasangan saling jujur dalam segala hal, sebelum melangkah ke jenjang yang lebih serius lagi. Dengan begitu, kita masing-masing bisa mengetahui, apakah pasangan dapat menerima kelemahan satu sama lain, terutama dalam hal keuangan. Bicarakan dan temukan solusi keuangan bersama-sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya