Budiman Saleh Ditetapkan Jadi Bos PT PAL

Dirut PT Pal, Budiman Saleh (kanan).
Sumber :
  • Dokumentasi kementerian BUMN.

VIVA.co.id – Kementerian Badan Usaha Milik Negara melaksanakan penyerahan Salinan Keputusan Menteri BUMN tentang pemberhentian dan pengangkatan anggota Direksi PT PAL Indonesia pada hari ini.

Pelindo Bantu Warga yang Mau Mudik Lebaran Tapi Terkendala Biaya

Budiman Saleh ditunjuk sebagai direktur utama menggantikan Firmansyah Arifin, yang sebelumnya diberhentikan, karena dugaan tindak pidana korupsi. 

Firmansyah telah ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka penerima suap atas penjualan kapal perang Strategic Sealift Vessel (SSV) antara PT PAL dengan pemerintah Filipina.

Tebar Kehangatan di Safari Ramadan BUMN 2024, Kementerian BUMN dan Bank Mandiri Gelar Pasar Murah

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun, Budiman Saleh sebelumnya merupakan Direktur Niaga dan Restrukturisasi PT Dirgantara Indonesia (DI).

Penyerahan surat keputusan bertempat di lantai enam kantor Kementerian BUMN, yang dibuka oleh Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno. Acara itu turut dihadiri oleh Direksi dan Dewan Komisaris Perusahaan PT PAL Indonesia beserta Pejabat Pimpinan Tinggi Kementerian BUMN.

Erick Thohir Rombak Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

"Memang, sebenarnya proses pergantian ini sudah cukup lama. Namun, sebagaimana kita ketahui untuk PT PAL Indonesia harus melewati TPA (Tim Penilai Akhir) terlebih dahulu. Melalui kesempatan ini, kami mengharapkan kepada Dewan Komisaris untuk dapat meningkatkan pengawasan secara korporasi," kata Harry dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin 3 April 2017 

Penunjukan Budiman Saleh dan Direksi lainnya ditetapkan melalui Salinan Keputusan Menteri BUMN dengan nomor SK-64/MBU/04/2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Direksi Perusahaan Perseroan PT PAL Indonesia.

Dalam salinan itu, dijelaskan, Kementerian BUMN mengangkat Budiman Saleh sebagai Direktur Utama dan Etty Soewardani sebagai Direktur SDM dan Umum.

Sebelumnya, juga dilaksanakan penyerahan Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara nomor, SK-63/MBU/04/2017, tentang Pemberhentian Anggota Direksi PT PAL  

Adapun nama-nama  yang diberhentikan sebagai anggota direksi antara lain Firmansyah Arifin sebagai Direktur Utama dan  Saiful Anwar sebagai Direktur Desain dan Teknologi.

"Ke depan, Direksi PT PAL Indonesia beserta jajaran agar terus semangat, semakin solid dan kompak dalam menjalankan perusahaan dengan baik,” ujar Harry. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya