Pertamina Pede Tak Ada Kelangkaan BBM saat Mudik 2017

Antrean ratusan pemudik motor mengisi BBM di SPBU.
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – PT Pertamina mengatakan akan menyiapkan sejumlah antisipasi dan skenario untuk menghindari kelangkaan bahan bakar minyak pada saat musim mudik lebaran. Pertamina akan menambah stok bahan bakar minyak di titik-titik tertentu, dan menambah mobil tangki hingga awak mobil tangki.

Konsumsi BBM Pertamina Meningkat 42 Persen di Sumut saat Mudik Lebaran 2024

SVP Fuel Marketing Distribution, Gigih Wahyu Hari Irianto, mengatakan, isu kemacetan pada saat musim mudik lebaran memang menjadi fokus Pertamina setiap tahunnya. Ketersediaan BBM di beberapa wilayah juga menjadi perhatian dari pemerintah.

"Isu kemacetan, memang luar biasa dan Bapak Presiden juga melakukan koordinasi dengan semua kementerian yang ada, dan pada intinya seluruh jajaran ini siap lebih baik. Maka dari itu Pertamina kini juga ingin siap lebih baik," kata Gigih di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Selasa 4 April 2017.

Yamaha Luncurkan Skutik Baru dengan Bagasi Besar dan Konsumsi BBM 49 Km/Liter

Ia mengatakan, Pertamina siap melakukan koordinasi dengan pemerintah khususnya Kementerian Perhubungan dan Kepolisian untuk mengakomodasi lokasi-lokasi tertentu yang menjadi penyebab kemacetan. Pertamina pun akan menyiapkan sejumlah BBM seperti pertamax dalam bentuk kemasan.

Sementara itu, VP Retail Fuel Marketing Pertamina, Afandi, mengatakan, antisipasi yang juga disiapkan adalah penambahan mobil tangki, penambahan stok untuk distribusi BBM dan titik-titik tertentu yang menjadi titik kemacetan.

Belum Pakai Hybrid, Segini Konsumsi BBM Honda Stylo 160

"Kemudian kita akan menambah persediaan di SPBU untuk antisipasi lonjakan permintaan. Untuk antisipasi daerah macet akan bangun kios-kios pertamax yang jual pertamax dalam kemasan," kata dia. 

Misalnya saja, lanjut dia, untuk tol-tol yang baru dibangun, yang belum tersedia infrastruktur SPBU. Di daerah tersebut akan dibangun kios-kios yang menjual pertamax dalam kemasan.

"Tol-tol baru (di Jawa) ini kan tembus sampai Batang dan Semarang, belum siap tol nya. Maka pertamina akan siapkan kios pertamax karena memang ini jalur belum dibuka jadi enggak ada SPBU. Lalu, untuk membuat kenyamanan bagi pemudik kami ada program-program seperti kebersihan musala, bagi takjil dan lain-lain," tutur dia. (one)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya