Tujuh Mentalitas Jadi Pengusaha Muda yang Sukses

Para pengusaha muda
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bimo Aria

VIVA.co.id – Menjadi pengusaha muda di zaman sekarang ini ternyata tidak mudah. Tidak hanya bermodalkan sekolah saja, lantas kita bisa menjadi pengusaha muda yang sukses. Ada beberapa sifat yang mestinya dimiliki seseorang yang berjiwa muda, yang memang bercita-cita menjadi seorang pengusaha.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Sering kita mendengar bahwa seseorang yang memiliki jiwa entrepreneur yang tinggi, identik dengan orang yang selalu bersemangat dan pantang menyerah. Kenyataannya, sifat seperti itu memang diperlukan untuk tertanam dalam diri kita, terutama para pengusaha muda.

Kesuksesan juga tidak bisa diraih dengan instan, namun dengan banyak persiapan dan perjuangan tentunya. Sebagai anak muda, kita harus memiliki sifat-sifat positif untuk mendukung cita-cita kita.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Lalu sifat–sifat seperti apa yang harus dimiliki anak muda saat ini agar bisa menjadi pengusaha muda yang sukses? Berikut paparan dari situs keuangan Cermati.com:

1. Miliki semangat yang tinggi

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Ini adalah dasar agar bisa menjadi pengusaha muda yang sukses, milikilah rasa semangat yang tinggi dan membara pada diri Anda. Ini adalah modal utama dari seorang pengusaha.

Semangat ini bukan sekadar kata-kata saja, namun benar-benar ditanamkan dalam hati, dan akan selalu membuat Anda melakukan sesuatu yang benar untuk memajukan usaha itu. Bisa dibilang, semangat ini adalah motivasi anda untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis.

2. Jangan pantang menyerah

Seperti kata salah satu grup band terkenal Indonesia, D’Masiv, yang pernah menyanyikan lagu yang cukup populer, berjudul “Jangan Menyerah”. Ajakan seperti ini ternyata memang kita perlukan di setiap harinya, untuk  tidak menyerah dalam menjalani suatu hal dalam hidup ini. Jadikan “jangan menyerah” ini sebagai prinsip utama, jika ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses.

3. Miliki tekad yang kuat

Seseorang yang memiliki tekad yang kuat, akan berhasil meraih mimpinya. Pengusaha sukses tidak cukup jika hanya berbekal dengan tekad dan semangat saja, Anda harus memiliki konsistensi yang baik terhadap usaha Anda.

Jika ingin menjadi pengusaha, dan sudah memilih jenis usaha apa untuk dijalankan, maka Anda harus tetap memperjuangkan usaha yang sudah dipilih ini, hingga berkembang. Dengan tekad yang bulat dan kuat Anda akan berhasil meraih mimpi.

4. Miliki visi dan misi

Seringkali kita mendengar kata visi dan misi, bila melihat almamater sekolah, atau juga melihat debat kandidat calon pemimpin. Visi dan misi ini nantinya yang harus dijalankan jika ingin meraih kesuksesan.

Begitu juga seorang pengusaha, ia wajib memiliki visi dan misi yang jelas dalam menjalankan usahanya, karena usaha harus memiliki ruang untuk berkembang, dan terus menghasilkan keuntungan dengan maksimal. Tujuan mendirikan usahanya harus jelas, agar mudah dalam menentukan langkah kedepanya.

5. Kemampuan komunikasi yang tinggi

Seorang pengusaha muda, rasanya kurang pantas jika ia hanya berdiam diri saja, dan tinggal tunjuk tangan, setiap ingin melakukan sesuatu. Dia seharusnya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, karena harus selalu menyampaikan idenya, baik kepada rekan kerja maupun kepada klienya.

Komunikasi seperti ini juga akan rutin dilakukan, seperti berbicara di depan orang banyak dan lain sebagainya. Berlatihlah untuk berkomunikasi dengan baik, agar Anda semakin percaya diri.

6. Berinovasi

Setelah usaha berjalan, sebagai seorang pengusahanya, Anda juga harus berinovasi, baik dalam menjalankan usaha, atau pun dalam segi produk dan jasa yang dijual nanti. Memiliki ide dasar saja, tanpa mengeksekusinya, maka ini hanya akan sia-sia, dan usaha milik Anda tidak akan bisa berkembang. Jadilah seorang pengusaha muda yang selalu kreatif, dalam menciptakan produk baru maupun dalam menciptakan ide baru.

7. Selalu yakin

Yang terakhir dan juga penting adalah, miliki sifat yang membuat Anda selalu yakin terhadap langkah yang sudah dipilih. Sertai keyakinan tersebut dengan doa, dan usaha, serta perjuangan yang maksimal dalam meraihnya. Mungkin hasil yang diinginkan belum bisa terjadi saat ini, namun di kemudian hari tidak mustahil ini akan berhasil.

Mulai memupuk tujuh sifat positif tersebut sejak dini

Sifat bukan karakter yang sudah tertanam dan sulit untuk berubah. Sifat sepertinya akan bisa diterima jika sudah menjadi suatu kebiasaan. Mulailah memupuk sifat-sifat di atas, agar Anda bisa meraih mimpi untuk menjadi pengusaha yang sukses. Ingatlah prosesnya akan lebih penting, dibandingkan menemukan hasilnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya