Bursa Saham Asia Dibuka Menanjak Lebih Tinggi 

Papan elektronik perdagangan saham di Bursa Efek Tokyo.
Sumber :
  • REUTERS/Yuya Shino

VIVA.co.id – Bursa saham Asia dibuka lebih tinggi pada perdagangan hari ini, Rabu 5 April 2017. Saham-saham Asia berada di zona positif di tengah kekhawatiran ketegangan geopolitik di Semenanjung Korea setelah Korea Utara kembali menembakkan rudal balistik, yang jatuh di perairan Laut Jepang.

Tak Jelasnya Reformasi Pajak AS, Ikut Lemahkan Saham di Asia

Dilansir CNBC, indeks Australia ASX 200 naik 0,25 persen pada perdagangan awal, didukung oleh sub indeks sektor material yang melonjak 1,05 persen. Indeks Jepang, Nikkei, naik 0,48 persen, dan indeks Korea Selatan, Kospi, dibuka bergerak datar . 

Investor mengamati dengan waspada situasi geopolitik di Semenanjung Korea. Militer Amerika Serikat dan kantor berita Korea Selatan, Yonhap, melaporkan Korea Utara kembali meluncurkan rudal balistik pagi ini. 

Mengekor Bursa Wall Street, Saham di Asia Menguat

Peluncuran rudal ini terjadi menjelang pertemuan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dengan Presiden China, Xi Jinping. Kedua kepala negara akan berbicara tentang hubungan bilateral dan perdagangan. 

Trump sebelumnya mengancam akan melakukan tindakan unilateral untuk menghentikan ancaman rudal Korea Utara, bila China, yang merupakan sekutu Korut, tidak bertindak untuk menekan Pyongyang. 

Bursa Asia Menguat, Sambut Positif Pilpres Prancis
Pengendara sepeda di depan papan Bursa Saham Tokyo.

Saham-saham di Asia Pasifik Menguat, Terdorong Wall Street

Sentimen positif dari Uni Eropa juga turut berkontribusi.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2017