Ingin Dapat Kredit Lagi, Perhatikan Ini

Aplikasi kredit pinjaman
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Kredibilitas kredit sangat penting selama masih membutuhkan layanan dana pinjman dari perbankan. Tidak sedikit permohonan kredit seseorang ditolak oleh bank karena yang bersangkutan dinilai tidak memiliki histori kredit atau kredibilitas kredit yang baik.

Ingin Daftar Asuransi Syariah, Pahami Dulu 5 Hal ini

Dalam pengajuan kredit jenis apapun, bank akan mengecek rekam jejak Anda di bank melalui Sistem Informasi Debitur di Bank Indonesia. Berikut ini empat langkah membangun kredibilitas kredit yang sehat dari Halomoney.co.id,, supaya Anda kelak tidak sulit mendapatkan pinjaman dari bank:

1.Membayar tagihan kartu kredit tepat waktu setidaknya sebesar tagihan minimal

Bocoran Itung-itungan KPR yang Belum Banyak Orang Tahu

Biasakan membayar tagihan kartu kredit tanpa telat atau sebelum tanggal jatuh tempo. Bayar tagihan kartu kredit minimal sebesar minimum payment agar catatan kredit  tidak merah. Sebaiknya, bayarkan saja secara penuh seluruh tagihan kartu kredit sehingga tidak perlu terkena bunga.  

2.Jangan pernah berbelanja melebihi kemampuan keuangan

5 Persiapan Pasangan Muda Kalau Ingin Punya Rumah Sendiri

Berbelanja hanya sesuai anggaran yang dibuat. Sekalipun berbelanja memakai dana pinjaman seperti melalui kartu kredit, pastikan besar pengeluaran tersebut memang dapat Anda tanggung dengan penghasilan tanpa perlu menjadikannya utang berkepanjangan.

3.Hindari memindahkan tagihan kartu kredit ke penerbit kartu kredit yang lain

Langkah pemindahan tagihan kartu kredit ke bank lain hanya layak menjadi pilihan bila mendapatkan tawaran bunga kartu kredit lebih rendah. Hal yang sama berlaku bila hendak membayar utang dengan utang baru (refinancing), pastikan utang baru tersebut berbunga lebih rendah dan nilai cicilannya tetap.

4. Perbarui setiap perubahan alamat penagihan pinjaman

Apakah pinjaman  berupa tagihan kartu kredit, kredit tanpa agunan ataupun kredit pemilikan rumah, pastikan selalu memperbarui alamat penagihan ketika terjadi perubahan. Dengan demikian, bisa selalu memantau kewajiban yang harus dibayar dan tidak membuka risiko telat bayar. Selamat memperbaiki kredibilitas kredit. We compare, you save.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya