PLTGU Cilegon Menanti Jaminan Pasokan Gas

PLTGU Cilegon.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA.co.id – PT Indonesia Power, anak usaha PT Perusahaan Listrik Negara menanti keputusan terkait kontrak pasokan gas untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap Cilegon. Sebab, kontrak dengan salah satu perusahaan pemasok akan habis pada 2018.

Darmawan Prasodjo Raih Green Leadership Utama Award, PLN Pecah Rekor Borong 20 Proper Emas KLHK 2023

Salah satu perusahaan pemasok gas, yakni China National Offshore Oil Corporation (CNOOC) SES, Ltd akan berakhir kontraknya dengan Indonesia Power pada 5 September 2018.

General Manager Unit Jasa Pembangkitan PLTGU Cilegon, Zuhdi Rahmanto mengatakan, induk perseroan yakni PLN diharapkan bisa mengakomodasi gas yang dibutuhkan. Karena, kontrak dengan CNOOC SES yang akan berakhir pada 2018 itu cukup besar, yakni mencapai 80 Billion British Thermal Unit (BBTU) per hari.

Resmikan Plant Pertama di Indonesia, PLN Miliki Cara Paling Cepat Hasilkan Green Hydrogen

"Kami harap tentu akan berlanjut pasokannya, tapi masih belum tahu kepastiannya, karena nanti akan dibahas dulu di level lebih tinggi (PLN)," kata Zuhdi di Cilegon, Banten, Kamis 6 April 2017.

Kontrak alokasi gas yang akan berakhir pada 5 September 2018 antara CNOOC SES Ltd dan Indonesia Power untuk PLTGU Cilegon itu, juga bertepatan dengan berakhirnya masa kontrak CNOOC di blok South East Sumatera (SES), yang sudah diputuskan pemerintah untuk selanjutnya dikelola oleh Pertamina.

PLN IP Ungkap PLTU Suralaya Kelola Emisi Hampir 100 Persen di 5 Tahun Terakhir

Menurut Zuhdi, peran pembangkit satu-satunya di Cilegon yang berbahan bakar gas di wilayah barat Jawa ini cukup vital, karena PLTGU Cilegon merupakan bagian dari sistem transmisi Jawa-Bali, yang sebagian besar disalurkan kepada pelanggan industri.

"Melalui transmisi 150 KV dan ditujukan untuk sistem listrik Jawa Bali. Itu dinikmati pelanggan Banten, karena di sini banyak industri. Utamanya untuk penuhi kebutuhan industri," katanya. (art)

Apel Siaga Kelistrikan Nasional di PLTGU Gresik

PLN Siapkan Kesiapan dan Keandalan Listrik untuk Lebaran 1445 H

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero), secara langsung memimpin persiapan dan keandalan pasokan listrik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024