Bappenas Kaji Pemindahan Ibu Kota ke Palangkaraya

Meriahnya Ibu Kota Jakarta, dengan kembang api yang dilepaskan warga memeriahkan malam pergantian tahun 2016 di Monas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Wacana pemindahan Ibu Kota negara ke Palangkaraya, Kalimatan Tengah, kembali mencuat ke permukaan. Saat ini, pemerintah terus melakukan kajian, mengenai adanya potensi pemindahan Ibu Kota ke wilayah yang terletak di utara pulau Jawa itu.

Kebutuhan Green Job 2030 Diproyeksikan Capai 4,4 Juta, Prakerja Siapkan Pelatihan Green Skills

Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, saat ditemui usai rapat koordinasi mengatakan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, saat ini masih melakukan kajian mengenai hal tersebut. Namun, sejauh ini, belum ada kepastian mengenai hal itu.

“Coba tanya Bappenas, sudah sejauh mana. Baru informal saja,” kata Teten di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat 7 April 2017.

Bappenas Bocorkan Asumsi Makro APBN 2025, Pertumbuhan Ekonomi Dipatok 5,6 Persen

Presiden Joko Widodo, kata Teten, memang mewacanakan untuk memindahkan Ibu Kota sejak di awal pemerintahan. Namun, keputusan tersebut akan tetap bergantung pada hasil kajian. Ada alasan tersendiri, kenapa pemerintah ingin memindahkan Ibu Kota ke Kalimantan.

“Banyak (alasan pemindahan Ibu Kota) untuk Indonesia sentris. Sudah diwacanakan Presiden, tetapi mesti dibahas dulu,” katanya. (asp)

Haru, Maxime Bouttier Ungkap Kebaikan Luna Maya untuk Keluarganya
Gedung Bappenas / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Bappenas Bantah Rumor Peleburan KPK dengan Ombudsman

Bappenas membantah kabar yang menyebut bahwa pihaknya tengah membahas rencana peleburan antara KPK dan Ombudsman. Pemerintah memperkuat infrastruktur antikorupsi.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024