AS Rudal Suriah, Harga Minyak Dunia Meroket

Rig Minyak.
Sumber :
  • CNBC

VIVA.co.id – Harga minyak melonjak lebih dari dua persen pada perdagangan hari ini setelah Amerika Serikat meluncurkan puluhan rudal Tomhawk dari pangkalan udaranya di Suriah.  

Harga Minyak Dunia Sempat Tembus Rekor US$130 per Barel

Dilasir dari CNBC, Jumat 7 April 2017, rudal tersebut merupakan balasan dari AS setelah serangan senjata kimia diluncurkan Suriah awal pekan ini. Presiden AS Donald Trump memberi perintah langsung peluncuran rudal tersebut. 

Minyak mentah berjangka patokan internasional, brent, naik 1,6 persen menjadi US$55,78 pada perdagangan siang ini sempat naik di level US$56,08 per barel. 

Harga Minyak WTI Tembus US$116,5 per Barel, Level Tertinggi Sejak 2008

Sementara itu, minyak mentah berjangka AS naik lebih dari 1,8 persen menjadi 52,61 per barel. Setelah sebelumnya meroket lebih dari dua persen di level US$52,94 per barel.

"Serangan rudal jelajah di luar AS telah harga minyak mentah melompat lebih dari dua persen dalam garis lurus," kata Analis pasar senior di pialang berjangka Oanda di Singapura, Jeffrey Halley.

Rusia Serang Ukraina, Harga Minyak Dunia Tembus US$100 per Barel

Halley mengatakan, serangan berpotensi memberikan implikasi besar bagi pasar minyak. "Apa yang akan menjadi respon dari Iran dan Rusia, dua dari produsen minyak terbesar di dunia dan sekutu setia rezim Assad? Kami akan harus menunggu jawabannya ini," tambahnya. 

Ladang minyak/Ilustrasi.

Harga Minyak Jatuh Dipicu Harapan Kemajuan Negosiasi Rusia-Ukraina

Harga minyak jatuh lebih dari lima persen ke level terendah dalam hampir dua minggu pada akhir perdagangan Senin.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022