Seberapa Besar Urgensi Kepindahan Ibu Kota?

Kemacetan Ibukota
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasonal/Bappenas diberikan mandat khusus dari Presiden Joko Widodo, untuk mengkaji rencana pemindahan Ibu Kota ke Palangkaraya, Kalimantan Timur.

Malam Ini, Lampu Ikon Jakarta Dipadamkan Satu Jam

Bappenas pun mulai membentuk tim, untuk mengkaji adanya potensi pemindahan tersebut.

Lantas, seberapa mendesak pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta?

Nama Ibu Kota RI Sangat Terkenal di Senegal, Panggilan Ojek

“Yang pasti, Jakarta ke depan sudah terlalu sumpek boleh dibilang. Tingkat urbanisasi sangat tinggi,” kata Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas, Arifin Rudiyanto, Jakarta, Senin 10 April 2017.

Selain karena faktor urbanisasi yang terus meningkat, Arifin mengakui, DKI Jakarta pun dikhawatirkan menghadapi sejumlah persoalan. Misalnya dari faktor lingkungan, hidrologi, keamanan, sampai dengan arus transportasi yang semakin meningkat, karena lonjakan penduduk.

Seperti Kemarin, Hari Ini Wilayah Jakarta Minim Turun Hujan

“Sehingga, Jakarta kita pertahankan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Tapi untuk pusat pemerintahan, kita cari wilayah yang betul-betul memenuhi persyaratan,” ujarnya.

Bappenas, kata Arifin, akan mengumpulkan berbagai macam variabel, seperti faktor geografis, lingkungan, sampai dengan aspek sosial politik di setiap daerah. Bahkan, pemerintah pun akan mempelajari, bagaimana negara-negara lain yang sudah sukses memindahkan ibu kotanya ke wilayah lain.

“Dulu, penetapan Jakarta sebagai ibu kota itu, karena pemerintah Belanda yang menetapkan. Kita sebagai negara merdeka, harus mencari identitas sesuai dengan kriteria. Harus aman, aksesnya mudah, aspek lingkungan, dan sebagainya,” katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya