Bappenas: Kajian Pemindahan Ibu Kota Rampung Tahun Ini

Gedung Bappenas
Sumber :
  • www.flickr.com

VIVA.co.id – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan hasil kajian pemindahan Ibu Kota ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Dalam proses kajian, Bappenas akan menggandeng Kementerian/Lembaga terkait.

Kebutuhan Green Job 2030 Diproyeksikan Capai 4,4 Juta, Prakerja Siapkan Pelatihan Green Skills

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, kajian tersebut membutuhkan peran dari penyelenggara terkait. Sebab, nantinya calon Ibu Kota tidak hanya membangun infrastruktur, namun akan meliputi sarana maupun prasarana pendukung.

"Kami akan melibatkan PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) dan Perhubungan. Misalnya, nanti bandara seperti apa yang harus dibangun di Ibu Kota tersebut," kata Bambang, Jakarta, Selasa 11 April 2017

Bappenas Bocorkan Asumsi Makro APBN 2025, Pertumbuhan Ekonomi Dipatok 5,6 Persen

Pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana tersebut, kata Bambang, memang dibutuhkan untuk memperkuat konektivitas calon Ibu Kota. Apalagi, nantinya calon Ibu Kota akan menjadi pusat pemerintahan, yang diharapkan mampu menciptakan kegiatan ekonomi baru.

"Tentu harus terkoneksi dengan mudah ke Jakarta sebagai bandara utama," kata mantan Menteri Keuangan tersebut.

Haru, Maxime Bouttier Ungkap Kebaikan Luna Maya untuk Keluarganya

Bambang pun tak memungkiri, rencana tersebut akan menjadi pembahasan secara mendalam oleh dewan parlemen. Namun, fokus Bappenas saat ini adalah bagaimana menyelesaikan kajian pemindahan Ibu Kota, sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo.

"Kami selesaikan dulu kajian ya. Kami upayakan selesai tahun ini. Setelah itu, kami serahkan kepada Presiden untuk membuat political decision," ujarnya. (mus)

Gedung Bappenas / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Bappenas Bantah Rumor Peleburan KPK dengan Ombudsman

Bappenas membantah kabar yang menyebut bahwa pihaknya tengah membahas rencana peleburan antara KPK dan Ombudsman. Pemerintah memperkuat infrastruktur antikorupsi.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024