Kadin Akan Kaji Dampak Pemindahan Ibukota

Ibu Kota RI, DKI Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Pemerintah berencana memindahkan ibu ota ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Menanggapi rencana pemerintah ini, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Properti Eddy Hussy mengaku terkejut dengan adanya wacana mengenai hal tersebut.

Warga Jakarta Mesti Cetak Ulang KTP Gegara Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur

Namun, Eddy menilai pemerintah pastinya memiliki alasan logis mengenai rencana pemindahan ibukota ke Palangkaraya ini, berdasarkan pertimbangan tertentu yang telah dipikirkan dengan matang. "Saya baru tahu isu itu. Bagi saya tentunya ini ada potensi market yang sudah jelas di sana. Tapi saya belum ada gambaran karena saya pikir ibukota ini kan sudah begitu maju dan begitu hebat, tapi mungkin ada isu politik atau apa," kata Eddy di Jakarta, Selasa 11 April 2017.

Ketika ditanya apakah ada pengaruhnya bagi sektor properti terkait dengan rencana pemerintah memindahkan ibukota ke Kalimantan Tengah ini, Eddy mengaku jika persepsi Jakarta sebagai ibu kota negara sudah kadung melekat di dirinya dan di mata masyarakat Indonesia. Kelekatan persepsi itu membuat ia mengaku masih sulit mendapatkan gambaran mengenai bagaimana jadinya sektor properti dan kaitannya dengan rencana pemindahan ibu kota ke Palangkaraya ini.

Di Rapat Paripurna, Demokrat dan PKS Minta Pemerintah Tunda Pemindahan Ibu Kota

"Sampai saat ini masih sangat sulit untuk digambarkan apakah ada pengaruhnya atau tidak. Kecuali sudah ada konsep atau mau ke mana dipindahkan," ujarnya.

Diketahui, Pemerintah melalui Bappenas masih melakukan kajian mendalam mengenai upaya pemindahan ibukota ke Palangkaraya ini. Beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebagai syarat berdirinya sebuah ibukota negara, antara lain menyangkut aspek keamanan, kemudahan akses dan tentunya kualitas lingkungan yang baik.

Sesi Conference Hannover Messe 2023: Berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Urgensi pemindahan ibukota dari Jakarta ke tempat lain disebabkan akibat kondisi tata kota yang sudah sangat padat, terutama akibat tingginya tingkat urbanisasi. Sehingga, di masa mendatang, Jakarta diprediksi akan memiliki masalah lingkungan, hidrologi, transportasi, dan keamanan.

Bappenas akan membentuk tim khusus untuk mengkaji teknis kajian dan pelaksanaan rencana pemindahan ibu kota negara tersebut, dengan belajar dari pengalaman negara-negara lain yang pernah melakukannya seperti Kazakhstan, Australia, Amerika dan India.

Pemakaman Ibunda Maxime Bouttier

Haru, Maxime Bouttier Ungkap Kebaikan Luna Maya untuk Keluarganya

Maxime Bouttier merasa berterima kasih dan bersyukur karena Luna Maya menawarkan rumahnya untuk jadi tempat sang ibunda. 

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024