Skywalk Teras Cihampelas Contoh Pemanfaatan Lahan Sempit

Presiden Joko Widodo saat berjalan dengan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, di Cihampelas beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo menilai promosi ekonomi kelas bawah di Kota Bandung Jawa Barat akan meningkat dengan adanya optimalisasi pembangunan di lokasi perkotaan. Terealisasinya pembangunan Skywalk Teras Cihampelas yang berdiri di tengah lahan padat kota, dinilai Presiden mampu menjadi percontohan inovasi pembangunan secara nasional.

Jokowi Puji Ridwan Kamil Tata PKL di Citiwalk Bandung

"Ini sebuah model, contoh yang baik dengan tidak mempunyai lahan untuk penataan. Saya kita kota-kota lain bisa lihat," ujar Jokowi di Teras Cihampelas Kota Bandung Jawa Barat, Rabu 12 April 2017.

Menurutnya, dengan konsep sederhana memadukan potensi lahan yang penuh pepohonan tinggi di tengah kota, akan mudah diadopsi kota-kota besar lainnya. "Ngopy kan lebih mudah. Dateng, dilihat, udah di-copy," katanya.

Rekomendasi Lima Objek Wisata 'Instagrammable'

Jokowi mengatakan, selain menjadi percontohan, pemberdayaan pedagang kaki lima dengan menempatkannya sebagai komoditas ekonomi utama, mampu menjadi promosi program pembangunan ekonomi.

"Penyajian dengan warung yang ditata, itu sebuah penataan usaha mikro, usaha kecil, pedagang kaki lima yang betul-betul diperhatikan. Saya sangat menghargai sekali," terangnya.

Cara Jaga Kebersihan di Skywalk Cihampelas Ini Bikin Ketawa

Bahkan, dengan pemberdayaan tersebut, promosi ekonomi Bandung akan terus meningkat dengan nuansa-nuansa nyaman di Teras Cihampelas. "Ini saya kira kekuatan. Kekuatan Bandung di souvenir, cinderamata, fashion kaos, jaket dan itu nampak di Teras Cihampelas juga kuliner," ujarnya.

Noni Bandung di Teras Cihampelas.

Jejak Noni-noni Belanda di Teras Cihampelas

Kini, jejak sejarah keelokan tempat ini tak tampak lagi.

img_title
VIVA.co.id
11 Desember 2017