Hindari Tabrakan, Garuda Batal Mendarat di Soekarno-Hatta

Pesawat Baru Garuda Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Deffa

VIVA.co.id – Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia akan melakukan penyelidikan terkait peristiwa yang terjadi pada pesawat GA 981 delay mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Selasa 11 April kemarin.

KKB Bakar Kantor Airnav Bandara Sugapa Papua

Berdasarkan penjelasan VP Corporate Communication Garuda Indonesia Benny S Butarbutar, kejadian itu disebabkan saat akan melakukan pendaratan di runway (final approach sesuai arahan Tower- Air Tric Control),  di landasan pacu Bandara Soetta masih terdapat pesawat Sriwijaya SJ072 yang berada pada posisi "taxi"  dan hendak menuju gate (apron).

"Karena masih ada pesawat Sriwijaya SJ072 di landasan, sesuai prosedur penerbangan, akhirnya GA 981 memutuskan  terbang kembali  untuk kemudian berputar sementara waktu hingga pesawat Sriwijaya tersebut meninggalkan (clear)  di area landasan runway. Setelah area landasan dinyatakan clear, GA 981 pun dapat mendarat dengan selamat," tutur Benny kepada VIVA.co.id, Rabu 12 April 2017.

AP II dan AirNav Indonesia Modernisasi Sistem Penerbangan

Selanjutnya, sambung dia, usai landing, pihak Garuda pun berkoordinasi dengan ATC, dan mendapat pemberitahuan terjadi gangguan teknis yang mengakibatkan terhambatnya komunikasi antara pihak ATC dengan pihak Sriwijaya.

Dihubungi VIVA.co.id, Humas Air Nav Yohanes Sirait menjelaskan jika saat kejadian tersebut pesawat Sriwijaya Air memang  akan memasuki landasan pacu. “Jadi jarak antara Sriwijaya Air dan Garuda sekitar tujuh kilometer. Dan sebetulnya itu tidak ada masalah, tidak benar kalau dikatakan akan tabrakan,” ujarnya.

Indonesia Resmi Punya Jalan Tol Udara

Begitu mengetahui hal itu, pihak ATC langsung meminta pilot Garuda untuk kembali take off sambil menanti landasan clear.

“Tapi saat ini kami sedang cek dan petugas yang saat itu melakukan tugasnya sudah di-grounded. Kami juga sedang mengumpulkan data-data,” kata Yohanes. (hd)

Kantor AirNav Unit Bilorai, di Bandara Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

KKB Bakar Kawasan Bandara Sugapa, Kantor AirNav Dipastikan Aman

AirNav Indonesia dibantu oleh pihak keamanan telah melakukan pemeriksaan secara menyeluruh di kantor Unit Bilorai pada Sabtu, 30 Oktober 2021.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2021